Etika Peserta Didik Di Pondok Pesantren Tasawuf Dan Tahfizhul Qur’an Baitul Mustaghfirin Al -Amir Tembung Deli Serdang

Juliyati, Juliyati (2021) Etika Peserta Didik Di Pondok Pesantren Tasawuf Dan Tahfizhul Qur’an Baitul Mustaghfirin Al -Amir Tembung Deli Serdang. Skripsi thesis, Universitas islam negeri Sumatera Utara Medan.

[img] Text
COVER Yuliati.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB I OK.pdf

Download (323kB)
[img] Text
BAB II OK.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (409kB)
[img] Text
BAB III OK.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (204kB)
[img] Text
BAB IV OK.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (548kB)
[img] Text
BAB V OK-1.pdf

Download (152kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA OK.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Bagaimana landasan dasar etika peserta didik di Pondok Pesantren Tasawuf Dan Tahfizhul Qur’an Baitul Mustaghfirin Al- Amir (2) Mengetahui pelaksanaan etika peserta didik yang diterapkan di Pondok Pesantren Tasawuf Dan Tahfizhul Qur’an Baitul Mustaghfirin Al-Amir Tembung Deli Serdang (3) kendala yang di alami pendidik dalam pelaksanaan penerapan etika peserta didik di Pondok Pesantren Tasawuf Dan Tahfizhul Qur’an Baitul Mustaghfirin Al-Amir Tembung Deli Serdang. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Subyek penelitian ini penelitian ini adalah beberapa pendidik dan peserta didik yang ada di Pondok Pesantren Tasawuf Dan Tahfizhul Qur’an Baitul Mustaghfirin Al-Amir Tembung Deli Serdang . Pengumpulan data diperoleh dengan observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan mengunakan model dari Miles dan Huberman yang terdiri dari (a) reduksi data (b) penyajian data (c) kesimpulan. Hasil penelitian yang dilakukan di Pondok Pesantren Tasawuf Dan Tahfizhul Qur’an Baitul Mustaghfirin Al-Amir Tembung Deli Serdang menunjukkan bawasanya landasan dasar etika peserta didik di Pondok Pesantren Tasawuf Dan Tahfizhul Qur’an Baitul Mustaghfirin Al- Amir Tembung Deli Serdang yaitu di ambil dari 10 Syarah Muwashafat yang di gagaskan oleh Hasan Al- Banna, adapun sepuluh etika tersebut yaitu: salimul aqidah, (bersih akidahnya), shahihul ibadah (benar ibadahnya), matinul khuluk (teguh akhlaknya), qawiyyul jism (kuat fisiknya), mutsaqqaful fikr (berwawasan akalnya), qadirun ‘alal kasb (mampu bekerja), munazzhamun fi syu’unihi (teratur dalam segala urusannya), harishun ‘ala waqtihi (bersungguh-sungguh menjaga waktunya), nafi’un lighairihi (bermanfaat bagi yang lain), dan mujahidun linafsihi (bersungguh- sungguh mengendalikan nafsunya). Dan mengenai pelaksanaan Etika Peserta Didik yang di Terapkan di Pondok Pesantren Tasawuf Dan Tahfizh Qur’an Baitul Mustaghfirin Al- Amir Tembung Deli Serdang sudah terlaksana dengan baik pendidik telah menerapkan 10 etika tersebut terhadap peserta didik baik dalam proses pembelajaran maupun dalam keseharian peserta didik di Pesantren tersebut. Dan respon dari peserta didik sendiri mereka menerima dengan baik pula atas segala arahan dan aturan yang telah ditetapkan di Pondok Pesantren berdasarkan 10 etika yang wajib dimiliki oleh peserta didik, yang di ambil dari 10 syarah muwashafat yang digagaskan oleh Hasan Al- Banna. Dan kendala yang dialami pendidik dalam pelaksanaan penerapan etika peserta didik terdapat pada bagian aspek kedelapan yaitu Harishun ‘Ala Waqtihi (bersungguh-sungguh menjaga waktunya), dimana sebagian peserta didik masih saja belum bisa displin, masih sering menunda-nunda waktu, memang tidak dapat dipungkiri rutinitas peserta didik yang padat di pesantren membuat mereka kadang kelelahan sehingga sering menyebabkan ketidakdisplinan pada mereka, para pendidik telah berupaya semaksimal mungkin untuk tetap mengontrol peserta didik agar bisa tepat waktu, inilah yang pendidik sering evaluasi, karena meskipun pendidik telah berupaya maksimal, tetap saja peserta didik yang memegang kendali kedisplinan dalam dirinya

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Etika; Peserta Didik, Pondok Pesantren
Subjects: 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 24 Mar 2023 04:13
Last Modified: 24 Mar 2023 04:13
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/18275

Actions (login required)

View Item View Item