Inovasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Era Revolusi Industri 4.0 Studi Pada SD Swasta Al-Ulum Medan

Arizki, Muhammad (2021) Inovasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Era Revolusi Industri 4.0 Studi Pada SD Swasta Al-Ulum Medan. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
Tesis Arizki S2 FITK UINSU.pdf

Download (13MB)

Abstract

Pembelajaran pendidikan agama Islam tidak boleh menutup mata terhadap perkembanganperkembangan tekhnologi yang disadari atau tidak memilki dampak yang sangat besar terhadap kehidupan. SD Swasta Al-Ulum medan melaksanakan Inovasi pembelajaran Pendidikan Agama Islam menggunakan dan memanfaatkan perkembangan teknologi. Misalnya, Teleconference, Google Classroom, Zoom Meeting dengan memanfaatkan fasilas seperti e-mail (surat elektronik), mobile phone, MP3 player, webse, blogging, search engine dan lain-lain. Model pembelajaran berkembang dalam bentuk pembelajaran elektronik (e-learning), buku elektronik (e-book), kelas online, diskusi online, pembelajaran berbasis komputer. Penggunaan papan tulis dan spidol, berganti dengan penggunaan media Notebook, LCD Projector dan sebagainya. Printed material buku sumber, modul dan lembar kerja siswa berganti dengan e-book, digal library, YouTube dan laman-laman internet. Penelian ini di fokuskan pada penelian kualatif dengan menggunakan metode deskriptif. Penelian ini bermaksud meneliti tentang peran alamiah Inovasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Era Revolusi Indutri 4.0 Studi Pada SD Swasta Al-Ulum Medan. Penelian ini cocok menggunakan pendekatan penelian kualatif dengan metode deskriptif, dalam mengungkapkan fakta-fakta sebagai kebenaran empiris dalam penelian ini. Metodologi penelian adalah tata cara atau prosedur untuk menjalankan seluruh kegiatan penelian. Jenis penelian yang digunakan dalam penelian ini adalah penelian kualiatatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif. penelian kualatif adalah prosedur penelian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang orang dan perilaku yang diamati. Riset kualatif menandung pengertian adanya upaya penggalian dan pemahaman pemkanaan terhadap apa yang terjadi pada berbagai individu dan kelompok yang berasal darii persoalan sosial atau kemanusiaan. SD swasta Al Ulum pada tahun ajaran 2007 sudah melakukan pembelajaran berbasis teknologi informasi dengan bercirikan revolusi industri 4.0.Guru terus mengupgrade perkembangan zaman pada saat ini sehingga melakukan inovasi pembelajaran pendidikan agama islam dengan menggunakan aplikasi di era revolusi industry seperti google classroom, zoom, whaatsap.Peserta didik sangat senang belajar dengan kecanggihan informasi teknologi seperti saat ini di era revolusi industry hanya saja keterbatasan ekonomi sebagian besar murid sehingga harus bersusah payah dalam mengikuti pelajaran.Kepala sekolah sangat menrespons positif perkembangan pembelajaran PAI di era 4.0 ini karena kita juga harus menyesuaikan pembelejaran sesuai dengan tuntutan zaman ujarnya.

Jenis Item: Skripsi (Masters)
Subjects: 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Program Master Pendidikan Agama Islam > Thesis
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 21 Mar 2023 05:27
Last Modified: 21 Mar 2023 05:27
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/18256

Actions (login required)

View Item View Item