Dakwah Islam dalam Upaya Pencegahan Meluasnya Kristenisasi di Desa Ranto Panjang, Kecamatan Ranto Baek, Kabupaten Mandailing Natal

Nasution, Khoiriah (2022) Dakwah Islam dalam Upaya Pencegahan Meluasnya Kristenisasi di Desa Ranto Panjang, Kecamatan Ranto Baek, Kabupaten Mandailing Natal. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
Cover dan Lainnya Baru.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I-1.pdf

Download (582kB)
[img] Text
BAB II-1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (562kB)
[img] Text
BAB III-1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (416kB)
[img] Text
BAB IV-1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (571kB)
[img] Text
BAB V-1.pdf

Download (121kB)
[img] Text
Daftar Pustaka dan Lainnya.pdf

Download (282kB)

Abstract

Judul Skripsi ini adalah Dakwah Islam Dalam Upaya Pencegahan Meluasnya Kristenisasi Di Desa Ranto Panjang, Kecamatan Ranto Baek, Kabupaten Mandailing Natal. Skripsi ini bertujuan untuk menjawab rumusan masalah, bagaimana upaya dakwah mencegah meluasnya Kristenisasi?. Tujuannya untuk mengetahui dakwah mencegah meluasnya Kristenisasi. Metodologi penelitian lapangan dengan pendekatan deskriftif kualitatif, dimana data diperoleh di lapangan (field research). Menganalisis data secara sistematis dan objektif berdasarkan bukti-bukti yang ada, didukung oleh buku, jurnal, dokumen. Data juga diperoleh dari hasil wawancara dengan para tokoh masyarakat, tokoh agama, remaja yang mengetahui tentang upaya pencegahan meluasnya Kristenisasi. Kristenisasi dikenal sebagai gerakan penginjilan. Penelitian ini melihat kepada salah satu pasangan keluarga yang agama Islam. Serta dakwah yang dilakukan untuk mencegah meluasnya Kristenisasi dengan melakukan pembinaan dan memperkuat akidah. Kegiatan dakwah ini juga bertujuan agar umat Islam tidak mudah pindah agama atau tidak mudah terpengaruh paham-paham sesat. Tokoh-tokoh agama menanamkan kepada masyarakat perasaan bangga dengan agama Islam, tujuannya agar tidak rendah diri dengan keunggulan-keunggulan non muslim. Para da’I melakukan pendekatan kepada masyarakat seperti pengajian wiritan yasinan, tahlilan, tahlil setiap minggunya. Dakwah pada hari- hari besar seperti Isra Mi’raj, Maulid Nabi. Temuan ini sependapat dengan seorang tokoh dakwah Mulyono dan K.H. Ahmad Dahlan menyatakan, umat Islam harus berpegang teguh kepada tali agama Allah dan mempertahankan akidah Islam. Kristenisasi tidak dengan bentuk konfrontasi dengan bentuk persaingan pembangunan sekolah-sekolah, pengajian, keterampilan, balai pengobatan dan rumah yatim piatu. Temuan ini juga sesuai dengan keputusan bersama menag dan mandagri Nomor 1 Tahun 1979 pasal 4 pelaksanaan penyiaran agama tidak dibenarkan untuk ditujukan terhadap orang atau kelompok yang telah memeluk atau menganut agama lain. Temuan ini membantah pendapat Royke yang menyatakan bahwa isu Kristenisasi itu bagian dari persepsi hanya untuk keputusan kelompok.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Dakwah, Islam, Upaya, Pencegahan, Kristenisasi.
Subjects: 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.2 Da’wah Islam > 2X7.24 Alat da’wah termasuk metode; dana dan media
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Studi Islam > Studi Agama-Agama > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 21 Mar 2023 04:36
Last Modified: 21 Mar 2023 04:36
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/18249

Actions (login required)

View Item View Item