Analisis Bantuan BLT dan PKH Untuk Kesejahteraan Masyarakat Di Tengah Pandemi Covid-19 Ditinjau Dari Ekonomi Islam (Studi Kasus Desa Kutarayat Kec. Naman Teran Kab. Karo)

Sitepu, Wiwit Amal Rini Br (2022) Analisis Bantuan BLT dan PKH Untuk Kesejahteraan Masyarakat Di Tengah Pandemi Covid-19 Ditinjau Dari Ekonomi Islam (Studi Kasus Desa Kutarayat Kec. Naman Teran Kab. Karo). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
Cover.pdf

Download (655kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (458kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (533kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (133kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (523kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (101kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (314kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di Desa Kutarayat Kecamatan Naman Teran Kabupaten Karo. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Bantuan Tunai Langsung (BLT) dan Program Keluarga Harapan (PKH) untuk kesejahteraan masyarakat ditengah pandemi covid-19. Penelitian ini dilatar belakangi oleh Pandemi Covid-19 yang sangat berdampak besar pada seluruh kegiatan kehidupan tak terkecuali pada anjloknya aktivitas perekonomian domestik, berdasarkan keadaan lapangan digambarkan sekitar 2,8 juta penduduk telah kehilangan pekerjaan, maka dari itu pemerintah telah merancang berbagai kebijakan untuk memberantas masalah tersebut melalui pemberian bantuan dua diantaranya adalah BLT dan PKH. Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan menggunakan metode analisis deskriptif. Sumber data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder dengan menggunakan teknik pengumpulan data, observasi, wawancara dan dokumentasi. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bantuan BLT dan PKH memang membantu masyarakat dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari dan untuk kebutuhan anak sekolah namun masyarakat yang mendapatkan dana BLT dan PKH ini belum dapat dikatakan sejahtera, hal tersebut disebabkan manfaat yang diterima sangatlah kecil dan masyarakat miskin hanya menerima sebagian kecil dari manfaat tersebut dan pemenuhan kebutuhan. Menurut pandangan ekonomi Islam, yaitu al-Shatibi pemenuhan kebutuhan terbagi menjadi tiga tingkatan yaitu kebutuhan dharuriyat (bersifat pokok dan mendasar), kebutuhan hajiyyat (bersifat kebutuhan sebagai pelengkap), dan kebutuhan tahsiniyyat (bersifat penyempurna) dimana pelaksanaannya bantuan pemerintah yaitu BLT dan PKH sudah sesuai dengan Tingkat Kebutuhan Dalam Ekonomi Islam.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Bantuan Tunai Langsung (BLT), Program Keluarga Harapan (PKH), Kesejahteraan Keluarga, Covid-19, Ekonomi Islam
Subjects: 2X6 SOSIAL DAN BUDAYA > 2X6.3 Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 21 Mar 2023 04:23
Last Modified: 21 Mar 2023 04:23
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/18246

Actions (login required)

View Item View Item