Strategi Dakwah Yayasan Griya Fadhilah Al-Qur’an Medan Dalam Meningkatkan Minat Mempelajari Alquran Di Kalangan Ibu Rumah Tangga

Hanum, Lathifah (2021) Strategi Dakwah Yayasan Griya Fadhilah Al-Qur’an Medan Dalam Meningkatkan Minat Mempelajari Alquran Di Kalangan Ibu Rumah Tangga. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (847kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (580kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (995kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (660kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (660kB)

Abstract

Penelitian ini berjudul “Strategi Dakwah Yayasan Griya fadhilah Al-Qur’an Medan Dalam Meningkatkan Minat Mempelajari Alquran Di Kalangan Ibu Rumah Tangga”. Tujuan dari Penelitian ini adalah Untuk mengetahui bagaimana strategi dakwah yang digunakan oleh pendiri, dan para pengajar dalam meningkatkan minat mempelajari Alquran pada ibu rumah tangga, bagaimana efektivitas dari strategi yang digunakan dalam meningkatkan minat mempelajari Alquran pada ibu rumah tangga, bagaimana hambatan yang dihadapi oleh para ibu rumah tangga dan pengajar, serta bagaimana cara mengatasi hambatan yang dihadapi tersebut. Untuk mengkaji permasalahan tersebut, peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik field research yang dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian yang ditemukan peneliti ialah sebagai berikut Strategi dakwah Griya Fadhilah Al-Qur’an ialah strategi Tilawah (strategi komunikasi) yang mana terjadi proses komunikasi antara da’i dan mad’u, dalam hal ini ialah ustadzah (pengajar) dengan menyampaikan ilmu-ilmu tentang Alquran kepada peserta didik. Dan juga strategi Ta’lim (strategi Pendidikan) yang mana terjadi proses transformasi pesan dakwah yang lebih mendalam, formal, dan sistematis. Efektivitas atau keberhasilan dari strategi yang diterapkan para pengajar kepada para peserta didik ibu rumah tangga dapat dilihat dari adanya peningkatan pemahaman pada ibu rumah tangga yang ada di kelas tahsin level dua khususnya. Hambatan atau kendala yang paling banyak dihadapi para ibu rumah tangga yang ada dikelas tahsin level dua dalam proses pembelajaran ialah faktor usia yang tidak muda lagi, serta kesibukan sebagai ibu rumah tangga. Hambatan atau kendala yang paling banyak dihadapi para ustadzah (pengajar) ialah masalah waktu pembelajaran yang kurang efektif karena sangat singkat, serta bervariasi usia para peserta didik.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Strategi Dakwah, Pengajar, Ibu Rumah Tangga
Subjects: 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.2 Da’wah Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 21 Mar 2023 03:51
Last Modified: 21 Mar 2023 03:51
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/18236

Actions (login required)

View Item View Item