Ajaran Hidup Bernegara: Analisis Terhadap Ṣahifah al-Madinah Dalam Kajian Ḥadith

Hemawati, Hemawati (2021) Ajaran Hidup Bernegara: Analisis Terhadap Ṣahifah al-Madinah Dalam Kajian Ḥadith. Doctoral thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
COVER .pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB I - 2 - Copy.pdf

Download (304kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (454kB)
[img] Text
BAB III 1 - Rev.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (923kB)
[img] Text
BAB IV-2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (735kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (178kB)
[img] Text
Daftar Pustaka .pdf

Download (383kB)

Abstract

Pasal-pasal Ṣahifah al-Madinah menunjukkan kepada tatanan hidup bernegara dan dapat dijadikan sebagai ajaran umat dalam hidup bernegara. Adanya keraguan terhadap naskah Ṣahifah al-Madinah dan belum adanya penelitian ḥadith tentang Ṣahifah al-Madinah. Tujuan penelitian untuk menemukan ajaran hidup bernegara dalam Ṣahifah al-Madinah, menemukan keautentikan naskah Ṣahifah al- Madinah dalam ḥadith nabi serta mengetahui sikap ulama terhadap Ṣahifah al-Madinah. Pendekatan yang dilakukan dengan menggunakan pendekatan ilmu hadis, sejarah dan ilmu politik dengan studi kepustakaan dengan metode analisis isi (analisys content) terhadap Ṣahifah al-Madinah dengan ḥadith Nabi dalam kitab induk yang sembilan (9). Hasil penelitian menunjukkan bahwa ajaran hidup bernegara dalam Ṣahifah al-Madinah: amanah, ketaatan, keadilan, musyawarah, persamaan, persatuan, kebebasan, pengakuan dan perlindungan hak azasi manusia, pengadilan yang bebas, perdamaian dan kesejahteraan, seluruh isi Ṣahifah al-Madinah terdapat dalam ḥadith nabi Muhammad saw, dan keotentikan naskah (teks) isi Ṣahifah al-Madinah tidak ditemukan dalam kitab ḥadith, namun secara parcial ada dalam kitab-kitab ḥadith dan para ulama mengakui Ṣahifah al-Madinah dan sebagai perjanjian untuk hidup bersama di Madinah.

Jenis Item: Skripsi (Doctoral)
Uncontrolled Keywords: Negara, Ṣahifah al-Madinah, ḥadith.
Subjects: 2X2 HADIS DAN ILMU TERKAIT > 2X2.3 Kumpulan hadist menurut bidang tertentu > 2X2.36 Hadist mengenai kemasyarakatan
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Studi Islam > Ilmu Hadis
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 21 Mar 2023 03:27
Last Modified: 21 Mar 2023 03:27
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/18233

Actions (login required)

View Item View Item