Peran Strategis Kepala Madrasah Dalam Optimalisasi Pembelajaran Oleh Guru Di MTs Pab 2 Sampali Deli Serdang

Aini, Nuranisa (2023) Peran Strategis Kepala Madrasah Dalam Optimalisasi Pembelajaran Oleh Guru Di MTs Pab 2 Sampali Deli Serdang. Jurnal Islami: Manajemen Pendidikan Islam & Humaniora, 3 (1). ISSN 2775-2364

[img] Text
NURANISA AINI.pdf

Download (189kB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang Peran Strategis Kepala Madrasah Dalam Optimalisasi Pembelajaran oleh Guru di Madrasah Tsanawiyah Perkumpulan Amal Bakti (PAB) 2 Sampali Deli Serdang. Maka dari itu, tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengungkapkan bagaimana peran seorang kepala madrasah dalam mengoptimalkan pembelajaran yang dilakukan oleh guru dan bagaimana seorang kepala madrasah menjadi seorang supervisor atas implementasi pembelajaran yang dilakukan oleh guru di Madrasah Tsanawiyah PAB 2 Sampali Deli Serdang. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan yang menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Data yang diperoleh di lapangan yang meliputi peran kepala madrasah menggunakan analisis data. Sedangkan pada pengujian keabsahan data dilakukan dengan pengamatan dan triangulasi. Triangulasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah triangulasi taknik dan triangulasi sumber. Berdasarkan hasil penelitian, dapat diperoleh kesimpulan bahwa peran strategis kepala madrasah dalam optimalisasi pembelajaran oleh guru ini adalah sebagai seorang Leader, Fasilitator, Motivator dan Evaluator kepada para tenaga pendidik yang ada di madrasah tersebut dan sudah dilaksanakan. Dibuktikan dengan beliau memiliki kepribadian dan kemampuan yang baik untuk memimpin dan membimbing para guru agar melaksanakan tugasnya dengan maksimal dan memberi contoh keteladanan yang baik. Beliau juga memiliki cara dan strategi yang baik dalam meningkatkan profesionalitas tenaga kependidikan, yaitu dengan melakukan edukasi dan menyediakan wadah pembekalan dan pemberian pengetahuan kepada para guru baik dari segi pendidikan umum dan juga dari segi pendidikan agamanya dalam kurun waktu setiap semester, lalu diadakan rapat kordinasi bulanan dan penyaluran informasi yang Up to Date sedini mungkin. Sebagai supervisor, beliau melakukan tinjauan secara langsung di lingkungan madrasah untuk melihat bagaimana proses keberlangsungan pembelajaran yang dilakukan guru guna mengetahui metode, media, interaksi serta kesulitan-kesulitan yang dihadapi guru dalam proses pembelajaran yang kemudian akan dievaluasi untuk perbaikan mutu pendidikan.

Jenis Item: Artikel
Subjects: 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam
Divisions: Artikel (Jurnal, Koran, Majalah)
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 21 Mar 2023 04:12
Last Modified: 21 Mar 2023 04:12
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/18226

Actions (login required)

View Item View Item