Persepsi Masyarakat Pada Mantan Narapidana Dalam Membangun Citra Positif di Desa Tarapung Raya Kecamatan Muara Batangtoru Kabupaten Tapanuli Selatan

Harahap, Emi Arsa Sastika (2021) Persepsi Masyarakat Pada Mantan Narapidana Dalam Membangun Citra Positif di Desa Tarapung Raya Kecamatan Muara Batangtoru Kabupaten Tapanuli Selatan. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
COVER EMI.pdf

Download (461kB)
[img] Text
BAB I EMI.pdf

Download (447kB)
[img] Text
BAB II EMI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (480kB)
[img] Text
BAB III EMI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (302kB)
[img] Text
BAB IV EMI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (376kB)
[img] Text
BAB V EMI.pdf

Download (171kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA EMI.pdf

Download (794kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana persepsi ataupun pandangan masyarakat terhadap mantan narapidana dalam membangun citra positif di Desa Tarapung Raya Kecamatan Muara Batangtoru Kabupaten Tapanuli Selatan. Persepsi masyarakat tentang mantan narapidana yang berlebihan dapat mempengaruhi persepsi para mantan narapidana tentang diri mereka. Mantan narapidana mengalami diskriminasi sosial, sehingga mereka tidak percaya diri lagi dalam mengikuti kegiatan sosial dan keagamaan di lingkungan masyarakat bahkan sulit mendapatkan pekerjaan yang layak, mereka ditolak dalam meningkatkan status kedudukan dan melakukan mobilitas vertikal. Penulisan ini menggunakan jenis penelitian kualitatif, dengan penelitian lapangan (field research) dengan melakukan wawancara mendalam, observasi secara langsung, serta didukung dengan data kepustakaan dan dokumentasi yang berkaitan dengan penelitian ini. Hasil penulisan yang diperoleh menjawab rumusan masalah: pertama persepsi masyarakat terhadap mantan narapidana dalam membangun citra positif di pandang baik oleh masyarakat. Masyarakat yang memiliki stigma negatif yang kuat perlahan-lahan berubah seiring adaptasi dan interaksi yang di lakukan mantan narapidana. Keimanan dan ketaqwaan mantan narapidana juga semakin meningkat. Kedua faktor yang mempengaruhi persepsi masyarakat terhadap mantan narapidana dalam membangun citra positif di lihat dari kepribadian mantan narapidana, tingkatan keagamaanya dan dari pengalaman masa lalu masyarakat terhadap mantan narapidana. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa persepsi masyarakat yang selama ini di nilai negatif ternyata di pandang positif oleh masyarakat. Persepsi masyarakat terhadap mantan narapidana di nilai positif dikarenakakan perubahan perilaku sosial dan keagamaan mantan narapidana di masyarakat.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Persepsi Masyarakat, Mantan Narapidana, Citra Positif
Subjects: 300 Social sciences > 360 Social services; association > 363 Other social problems and services
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan Penyuluhan Islam > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 15 Mar 2023 07:54
Last Modified: 15 Mar 2023 07:54
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/18155

Actions (login required)

View Item View Item