Etika Memuliakan Tamu dan Pengamalannya di Masyarakat Desa Tualang Baru Kabupaten Aceh Tenggara (Studi Penafsiran Al-Qurthubi Q.S Az-Dzariyat/51: 24-28)

Ayu, Refita (2022) Etika Memuliakan Tamu dan Pengamalannya di Masyarakat Desa Tualang Baru Kabupaten Aceh Tenggara (Studi Penafsiran Al-Qurthubi Q.S Az-Dzariyat/51: 24-28). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
BAB ABSTRAK AYU.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I AYU.pdf

Download (749kB)
[img] Text
BAB 2 SKRPSI AYU.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (620kB)
[img] Text
BAB 3 SKRIPSI AYU.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (469kB)
[img] Text
BAB IV SKRIPSI AYU.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB 5 SKRIPSI AYU.pdf

Download (301kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA SKRIPSI AYU.pdf

Download (416kB)

Abstract

Pembahasan skripsi ini mengenai Etika Memuliakan Tamu dan Pengamalannya di Masyarakat Desa Tualang Baru Kabupaten Aceh Tenggara (Studi Penafsiran Al- Qurthubi Q.S Az-Dzariyat/51: 24-28). Menurut Alquran orang-orang yang beriman harus membina dan mengarahkan hubungan baik tidak hanya kepada Allah tetapi juga antar sesama makhluk ciptaan Allah yaitu manusia. Untuk membina hubungan baik antar sesama muslim salah satu caranya dengan bertamu dan memuliakan tamu. biografi singkat mengenai imam al-Qurthubi, Nama lengkap beliau adalah Abu Abdillah Muhammad bin Ahmad bin Abu Bakr al-Anshari al-Qurthubi. Beliau berasal dari Qurthub (Kordoba, Andalusia/ Spanyol). Beliau lahir di Qurthubah tahun 1184 M dan wafat di Mesir 671 H/ 1272 M. Beliau pakar hukum dan kendati menganut mazhab Maliki, tetapi beliau dinilai sangat objektif. Permasalahan yang harus dijawab adalah bagaimana etika memuliakan tamu dalam Islam dan bagaimana penafsiran Imam Al-Qurthubi mengenai surah Az- Dzariyat ayat 24-28. Serta bagaimana pengamalan masyarakat desa tualang baru mengenai etika memuliakan tamu. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode tafsir tahlili (analitik) metode menguraikan makna yang terkandung dalam Alquran, ayat demi ayat yang ada dalam mushaf Alquran. Pendekatan yang digunakan adalah kepustakaan (Library Researh) yang menggunakan buku, kitab tafsir, dan sumber yang berkaitan dengan etika memuliakan tamu dengan jenis penelitian kualitatif. Adapun metode pengumpulan datanya adalah dengan metode dokumentasi, observasi, dan wawancara. Hasil dari penelitian ini adalah Dari penjelasan Imam Al- Qurthubi dapat kita simpulkan bahwa sangat penting menerapkan etika memuliakan tamu dalam kehidupan sehari-hari kita, karna tingkah laku tersebut termasuk akhlak yang mulia dan terpuji. Serta memberikan pemahaman secara benar tentang etika memuliakan tamu sesuai ajaran Aquran dan hadis dikalangan masyarakat tualang baru, sehingga masyarakat tualang baru dapat mengamalkannya.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Etika, Memuliakan, Tamu.
Subjects: 2X1 AL QURAN DAN ILMU TERKAIT > 2X1.3 Tafsir Al-Quran
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Studi Islam > Ilmu Al-quran dan Tafsir > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 13 Mar 2023 05:34
Last Modified: 13 Mar 2023 05:34
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/18106

Actions (login required)

View Item View Item