Gambaran Penerapan Kebijakan Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) dimasa Pandemi Covid-19 Pajak Simpang Limun Sudirejo II Medan

Siregar, Nova (2021) Gambaran Penerapan Kebijakan Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) dimasa Pandemi Covid-19 Pajak Simpang Limun Sudirejo II Medan. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
NOVA SIREGAR.pdf

Download (912kB)

Abstract

Kebijakan Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) adalah salah satu cara pemerintah dalam mengatasi masalah penyakit virus corona (Covid-19) di Indonesia. Pada tanggal 11 Maret 2020, WHO menetapkan virus corona sebagai pandemi sehingga pada bulan Juli tahun 2020 kebijakan adaptasi kebiasaan baru ini dikeluarkan oleh pemerintah untuk menghadapi wabah pandemi. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan penerapan kebijakan adaptasi kebiasaan baru pada masa pandemi Covid19 pajak simpang limun sudirejo II medan. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Juli 2021-Agustus 2021. Metode penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dan pengumpulan informasi dengan wawancara mendalam dan observasi langsung. Keabsahan data penelitian menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Hasil wawancara mendalam dengan informan menunjukkan bahwa masih rendahnya tingkat kesadaran masyarakat yang berada di pajak simpang limun sudirejo II medan tentang bahaya virus corona dan pentingnya menerapkan kebijakan adaptasi kebiasaan baru seperti memakai masker, perilaku hidup bersih dan sehat (phbs), mencuci tangan, menjaga jarak, dan melakukan karantina dimasa pandemi ini. Dengan demikian disarankan perlu adanya ketegasan dari Walikota medan dan instansi kesehatan dalam melaksanakan dan mensosialisasikan kebijakan AKB di pajak simpang limun sudirejo II medan.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Virus Corona, Kebijakan, AKB
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 610 Medical sciences Medicine > 614 Incidence and prevention of disease
Divisions: Fakultas Kesehatan Masyarakat > Kesehatan Masyarakat > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 13 Mar 2023 04:37
Last Modified: 13 Mar 2023 04:37
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/18100

Actions (login required)

View Item View Item