Efek Antifertilitas Ethinyl Estradiol Dan Cyproterone Acetate Terhadap Siklus Estrus Tikus Betina (Rattus Norvegicus Berkenhout 1796)

Ningrum, Nurlian Augustin (2023) Efek Antifertilitas Ethinyl Estradiol Dan Cyproterone Acetate Terhadap Siklus Estrus Tikus Betina (Rattus Norvegicus Berkenhout 1796). Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
REPOSITORI_LAPORAN PENELITIAN_NURLIAN.pdf

Download (665kB)

Abstract

Mahluk hidup dalam mempertahankan keturunan dan keberlangsungan hidupnya melakukan proses biologi yaitu berkembangbiak dan bereproduksi. Mamalia selain primate memiliki siklus reproduksi berupa siklus estrus yang regulasinya diatur oleh hormone reproduksi berupa estrogen dan progesterone. Tikus putih merupakan salahsatu jenis hewan yang umum digunakan sebagai hewan coba model dalam penelitian biomedik karena memiliki similiaritas dengan mamalia manusia. Rattus norvegicus memiliki siklus estrus 4 fase, yaitu : estrus, metestrus, diestrus dan proestrus. Diketahui bahwa siklus estrus ini dipengaruhi oleh hormone progesterone dan estradiol, level progesterone dan estradiol tertinggi terjadi selama fase prosestrus. Pada siklus estrus Progesterone dan estradiol memuncak selama proestrus dan menyebabkan banyak perubahan fisiologis seperti aktivitas fisiologis, peningkatan plastisitas, densitas sinapsis pada hippocampus. Penelitian yang dilakuakn untuk mengetahui pengaruh progesterone sintetik pada siklus estrus Rattus norvegicus. Tikus yang digunakan berjumlah 4 ekor dan dikelompokkan menjadi 2 kelompok yaitu kontrol dengan pemberian aquades 0.5mL dan Treatment menggunakan larutan Diane-35 0,5 mL. setiap 24jam dilakukan pengecekkan epitel vaginal (vaginal smear) pada keempat hewan uji. Hasil yang didapatkan siklus estrus pada perlakuan menjadi lebih panjang sebanyak 3 kali dalam 14 hari sedangkan pada control terjadi 4 kali selama 14 hari.

Jenis Item: Lainnya
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 570 Life sciences > 574 Biology
Divisions: Laporan Penelitian (Research Report)
Pengguna yang mendeposit: Mr Muhammad Aditya
Date Deposited: 30 May 2023 07:29
Last Modified: 30 May 2023 07:29
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/18066

Actions (login required)

View Item View Item