Pelaksanaan komunikasi organisasi di Madrasah Aliyah Swasta Pesantren Darularafah Laubakeri Kutalimbaru Deli Serdang Sumatera Utara

Gunawan, Gunawan (2013) Pelaksanaan komunikasi organisasi di Madrasah Aliyah Swasta Pesantren Darularafah Laubakeri Kutalimbaru Deli Serdang Sumatera Utara. Masters thesis, Pascasarjana UIN Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
Tesis Gunawan.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis implementasi Pelaksanaan Komunikasi Organisasi Di Madrasah Aliyah Swasta Pesantren Darularafah Laubakeri Kutalimbaru Deli Serdang Sumatera Utara, yang meliputi komunikasi antara yayasan dengan kepala madrasah di Madrasah Aliyah Swasta Pesantren Darularafah, kepala madrasah dengan Guru BK dan PKM, kepala madrasah dengan guru di Madrasah Aliyah Swasta Pesantren Darularafah, guru dengan santri di Madrasah Aliyah Swasta Pesantren Darularafah dengan menggunakan metode kualitatif. Dalam menganalisis data peneliti menggunakan teknik analisa kualitatif dengan proses reduksi data, pemaparan data dan penarikan kesimpulan. Ada empat temuan dalam penelitian ini yaitu: Pertama, Komunikasi antara yayasan dengan kepala Madrasah Aliyah Swasta Pesantren Darularafah dilakukan melalui rapat tahunan, semester, bulanan dan mingguan. Dalam rapat tersebut disampaikan tentang pembagian tugas, wewenang dan tangung jawab kepala madrasah dan stafnya. Kedua, Komunikasi antara kepala Madrasah Aliyah Swasta Pesantren Darularafah dengan PKM dan BK dilakukan melalui rapat awal tahun pembelajaran, semester, bulanan dan mingguan. Dalam rapat tersebut disampaikan tentang pembagian tugas, wewenang dan tangung jawab PKM dan BK serta TU. Dalam rapat ini kepala madrasah juga membahas permasalahn siswa, dari uang sekolah dan proses kegiatan belajar mengajar. Ketiga, Komunikasi antara kepala Madrasah Aliyah Swasta Pesantren Darularafah dengan guru dilakukan melalui SK tugas, rapat awal tahun ajaran, kenaikan kelas dan evaluasi manajemen. Dalam rapat tersebut disampaikan tentang evaluasi pembelajaran, strategi pembelajaran mendatang, penyampaian program-program untuk pembelajaran yang akan datang, pembagian wali kelas, dan laporan tindakan kelas oleh guru. Keempat, Komunikasi antara guru Pesantren Darularafah dengan siswa dilakukan melalui kegiatan pada belajar malam atau yang di sebut dengan Muazzah. Dalam komunikasi ini guru memberikan pembinaan, pembelajaran tambahan dan evaluasi sehingga memberikan solusi kepada siswa berdasarkan laporan harian, mingguan, bulanan dan semester yang diberikan kepada wali kelas

Jenis Item: Skripsi (Masters)
Subjects: 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam > 2X7.33 Tingkat stanawiyah dan ‘aliyah
Divisions: Program Pasca Sarjana > Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Pengguna yang mendeposit: Mr. Imran Benawi
Date Deposited: 13 Jul 2017 02:07
Last Modified: 13 Jul 2017 02:07
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/1806

Actions (login required)

View Item View Item