Tinjauan Yuridis Terhadap Eksekusi Hak Tanggungan Dengan Menggunakan Akad Perbankan Syariah Di Pengadilan Agama Sumatera Utara

Sherhan, Sherhan (2022) Tinjauan Yuridis Terhadap Eksekusi Hak Tanggungan Dengan Menggunakan Akad Perbankan Syariah Di Pengadilan Agama Sumatera Utara. Doctoral thesis, Pascasarjana Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
COVER.pdf

Download (994kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (610kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (871kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (224kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (403kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (263kB)
[img] Text
daftar pustaka.pdf

Download (371kB)

Abstract

Penelitian disertasi ini menganalisis bagaimana proses penerapan hukum Islam di Pengadilan Agama Wilayah Sumatera Utara dalam melaksanakan proses eksekusi Hak Tanggungan yang berasal dari Akad Perbankan Syariah. Penelitian disertasi ini menggunakan jenis penelitian dengan bentuk kualitatif, sedangkan pendekatan yang digunakan adalah pendekatan perundang-undangan, konseptual ditambah dengan pendekatan lapangan antara lain Pengadilan Agama, Bank Syariah, Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) dan Basyarnas. Selanjutnya data penelitian berupa peraturan dan perundang-undangan yang berlaku di Indonesia di analisa dan dilakukan pengkajian terhadap Undang-Undang No.4 Tahun 1996. Peneliti juga mengumpulkan hasil wawancara dengan pihak yang terlibat langsung dengan pelaksanaan eksekusi Hak Tanggungan. Hasil penelitian ini menunjukkan pelaksanaan eksekusi hak tanggungan yang dimohonkan oleh Perbankan Syariah ke Pengadilan Agama, belum berjalan sesuai dengan prinsip hukum Islam Pedoman hukum yang digunakan oleh Pengadilan Agama ketika melaksanakan eksekusi Hak Tanggungan adalah Hukum Acara yang sama digunakan di Pengadilan Negeri serta Undang-Undang Hak Tanggungan Nomor 4 Tahun 1996 yang belum mengandung unsur syariah secara menyeluruh. Pelaksanaan Eksekusi Hak Tanggungan di Pengadilan Agama juga tidak sama sekali mencerminkan adanya hukum Islam didalamnya karena belum terdapat konsep perdamaian dalam pelaksanaannya.

Jenis Item: Skripsi (Doctoral)
Subjects: 2X4 FIQH > 2X4.2 Muamalah > 2X4.27 Bank
Divisions: Program Pasca Sarjana > Program Doktor > Disertasi Doktor
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 08 Mar 2023 09:36
Last Modified: 08 Mar 2023 09:36
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/18055

Actions (login required)

View Item View Item