Tinjauan Hukum Terhadap Pembelian Kenderaan Secara Kredit Di Pegadaian Syariah Dengan Menggunakan Akad Rahn Tasjily Menurut Fatwa DSN MUI Nomor 68/DSN-MUI/III/2008 (Studi Kasus Di Pegadaian Syariah Cabang AR Hakim Kota Medan)

Fadila, Nur (2022) Tinjauan Hukum Terhadap Pembelian Kenderaan Secara Kredit Di Pegadaian Syariah Dengan Menggunakan Akad Rahn Tasjily Menurut Fatwa DSN MUI Nomor 68/DSN-MUI/III/2008 (Studi Kasus Di Pegadaian Syariah Cabang AR Hakim Kota Medan). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
COVER NUR FADILA.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1 NUR FADILA.pdf

Download (763kB)
[img] Text
BAB II NUR FADILA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (643kB)
[img] Text
BAB III NUR FADILA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (608kB)
[img] Text
BAB IV NUR FADILA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (669kB)
[img] Text
BAB V NUR FADILA.pdf

Download (462kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA DLL.pdf

Download (650kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan pokok mendasar, yaitu praktik jual beli kenderaan dengan sistem kredit di Pegadaian Syariah kota Medan, dimana praktik yang dilakukan oleh pihak pegadaian belum sepenuhnya sesuai dan melanggar ketentuan fatwa DSN MUI, hal ini bisa dilihat dalam surat perjanjian baku produk amanah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana hukum terhadap pembelian kenderaan secara kredit di Pegadaian Syari’ah. Masalah yang akan diteliti ialah Bagaimana pelaksanaan pembelian kenderaan secara kredit dengan menggunakan akad Rahn Tasjily di Pegadaian Syari’ah, Apa alasan Pegadaian Syariah menggunakan akad Rahn Tasjily dalam pembelian kenderaan secara kredit, dan bagaimana hukum pembelian kenderaan secara kredit menurut Fatwa Dsn Mui Nomor 68/DSN-MUI/III/2008. Penelitian hukum ini merupakan jenis penelitian yuridis empiris, penelitian ini juga gabungan dari metode penelitian library research dan field research. Pendekatan yang dilakukan yaitu living case studies approach. Untuk memperoleh data dan bahan hukum dalam penelitian ini menggunakan Fatwa DSN MUI Nomor 68 Tahun 2008 tentang Rahn Tasjily. Dalam penelitian ini data diolah dengan menggunakan metode kualitatif, dan metode deskriptif dengan menggambarkan secara sistematis. Data dianalisis dengan menggunakan logika berpikir deduktif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Pelaksanaan produk amanah dalam Pegadaian Syariah Cabang AR Hakim Kota Medan dalam pelaksanaannya rukun dan syarat telah sesuai dengan fatwa DSN MUI untuk pembelian kenderaan dengan sistem kredit dengan menggunakan akad rahn tasjily yaitu BPKB kenderaan sebagai barang jaminannya. Namun dalam praktik pelaksanaannya belum sepenuhnya sesuai dengan fatwa DSN MUI No. 68/DSN-MUI/III/2008 tentang Rahn Tasjily hal ini bisa dilihat didalam surat perjanjian baku produk amanah. Hukum pembelian kenderaan secara kredit melalui Pegadaian Syariah tidak boleh dilakukan karena dalam pelaksanaannya belum sepenuhnya sesuai dengan isi fatwa DSN MUI Nomor 68 tahun 2008 tentang Rahn Tasjily, penerepan akad Rahn Tasjily di Pegadaian Syariah Cabang Ar Hakim dalam praktiknya, melakukan penggabungan antara biaya pemeliharaan dan hutang atas pinjaman, sedangkan dalam Fatwa DSN Nomor 68/DSN- MUI/III/2008 tentang Rahn Tasjily huruf f “besaran biaya tidak boleh dikaitkan dalam hutang rahin.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 2X4 FIQH > 2X4.2 Muamalah > 2X4.21 Jual beli
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Muamalah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 08 Mar 2023 08:57
Last Modified: 08 Mar 2023 08:57
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/18050

Actions (login required)

View Item View Item