Kontribusi Keilmuan Bidang Jurnalistik Alumni Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN SU Dalam Menopang Profesi Wartawan Media Massa di Kota Medan

Salim, Yuda Akbar (2021) Kontribusi Keilmuan Bidang Jurnalistik Alumni Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN SU Dalam Menopang Profesi Wartawan Media Massa di Kota Medan. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
Cover.pdf

Download (409kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (189kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (304kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (177kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (525kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (160kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (211kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kontribusi keilmuan bidang jurnalistik alumni jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN SU dalam menopang profesi wartawan media massa di kota Medan. Selain itu penelitian ini juga dimaksudkan untuk mengetahui bagaimana penerapan keilmuan dan bagaimana kontribusi keilmuan bidang jurnalistik alumni jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN SU dalam menopang profesi wartawan media massa di kota Medan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Metode ini dilakukan terkait fenomena yang ada lapangan dengan cara mengumpulkan data, terutama dari informan penelitian. Teknik pengumpulan data adalah wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam skripsi ini menggunakan model Miles dan Huberman, yaitu reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Subjek penelitian ini adalah alumni dari jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN SU yang memiliki kontribusi dibidang jurnalistik dalam menopang profesi wartawan media massa di kota Medan. Dari hasil penelitian yang dilakukan, dapat ditarik kesimpulan bahwa kontribusi keilmuan bidang jurnalistik alumni jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN SU dalam menopang profesi wartawan media massa di kota Medan adalah berupa sumbangan pemikiran dibidang jurnalistik dalam bentuk mengadakan pelatihan-pelatihan dan kerap menghadiri serta tidak jarang menjadi narasumber di seminar atau workshop yang berkaitan dengan ilmu jurnalistik untuk memberikan semangat kepada para peserta seminar sekaligus mendukung dan menopang profesi wartawan di kota Medan, mengabdikan diri sebagai seorang jurnalis atau wartawan, menjadi anggota di salah satu organisasi kewartawanan yang ada di Indonesia, selain menjadi wartawan juga berprofesi sebagai dosen yang mengajar mata kuliah jurnalistik, dan selalu mengikuti rapat dan konferensi bersama para wartawan sekaligus memberikan sumbangsih pemikiran dan kontribusi keilmuan dibidang jurnalistik demi kesuksesan bersama.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 000 Generalities > 070 News media, journalism, publishing
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 08 Mar 2023 07:51
Last Modified: 08 Mar 2023 07:51
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/18039

Actions (login required)

View Item View Item