Pengaruh strategi pembelajaran berbasis kecerdasan jamak dan gaya belajar terhadap hasil belajar pendidikan Agama Islam Siswa SD Sabilina Kecamatan Percut Sei Tuan

Afhara, Mhd. Chairian (2013) Pengaruh strategi pembelajaran berbasis kecerdasan jamak dan gaya belajar terhadap hasil belajar pendidikan Agama Islam Siswa SD Sabilina Kecamatan Percut Sei Tuan. Masters thesis, Pascasarjana UIN Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
Tesis Afhara.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Perbedaan hasil belajar PAI pada siswa yang mengikuti strategi pembelajaran berbasis kecerdasan jamak dan strategi pembelajaran konvensional di SD Sabilina Percut Sei Tuan.(2) Perbedaan hasil belajar PAI berdasarkan gaya belajar visual, gaya belajar auditorial dan gaya belajar kinestetik berdasarkan pembelajaran di SD Sabilina Percut Sei Tuan.(3) Ada atau tidaknya interaksi strategi pembelajaran berbasis kecerdasan jamak dengan gaya belajar terhadap hasil belajar PAI di SD Sabilina Percut Sei Tuan. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan kuasi eksperimen menggunakan desain faktorial 2x3. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas IV SD SABILINA Kecamatan Percut Sei Tuan ajaran 2013/2014 yang terdiri dari 4 kelas. Kelas yang dijadikan sampel kelompok eksperimen adalah kelas IV A SD SABILINA Kecamatan Percut Sei Tuan berjumlah 44 orang dan kelas kontrol adalah kelas IV B berjumlah 45 orang. Pemilihan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling. Data dikumpulkan dengan tes hasil belajar dalam bentuk pilihan berganda dan angket untuk gaya belajar dalam bentuk skala differensial semantik. Data yang terkumpul diolah secara statistik dengan menggunakan teknik analisis varians (anova) dua jalur dengan menggunakan taraf signifikansi 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Terdapat perbedaan hasil belajar materi kisah nabi Muhammad SAW yang signifikan antara kelompok siswa yang mengikuti strategi pembelajaran berbasis kecerdasan jamak dengan siswa yang mengikuti strategi pembelajaran konvensional, (2) Kelompok siswa yang memiliki gaya belajar visual yang diajar dengan strategi pembelajaran berbasis kecerdasan jamak memiliki hasil belajar lebih tinggi dibanding dengan kelompok siswa yang memiliki gaya belajar visual yang diajar dengan strategi konvensional, (3) Kelompok siswa yang memiliki gaya belajar auditorial yang diajar dengan strategi pembelajaran berbasis kecerdasan jamak memiliki hasil belajar lebih tinggi dibanding dengan kelompok siswa yang memiliki gaya belajar auditorial yang diajar dengan strategi konvensional, (4) Kelompok siswa yang memiliki gaya belajar Kinestetis yang diajar dengan strategi pembelajaran berbasis kecerdasan jamak memiliki hasil belajar lebih tinggi dibanding dengan kelompok siswa yang memiliki gaya belajar Kinestetis yang diajar dengan strategi konvensional, (5) Terdapat interaksi antara strategi pembelajaran berbasis kecerdasan jamak dengan gaya belajar dalam pengaruhnya terhadap hasil belajar materi Kisah nabi Muhammad SAW siswa kelas IV SD Sabilina Kecamatan Percut Sei Tuan .

Jenis Item: Skripsi (Masters)
Subjects: 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam
Divisions: Program Pasca Sarjana > Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Pengguna yang mendeposit: Mr. Imran Benawi
Date Deposited: 12 Jul 2017 03:40
Last Modified: 12 Jul 2017 03:40
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/1799

Actions (login required)

View Item View Item