:Mitos Sumur Batu Dalam Pandangan Masyarakat Islam dan Kristen di Desa Kampung Sawah Kecamatan Natal Kabupaten Mandailing Natal

Yuninda, Tiara (2022) :Mitos Sumur Batu Dalam Pandangan Masyarakat Islam dan Kristen di Desa Kampung Sawah Kecamatan Natal Kabupaten Mandailing Natal. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
Cover, Pengesahan, Daftar Isi.pdf

Download (946kB)
[img] Text
BAB I (2).pdf

Download (456kB)
[img] Text
BAB II (2).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (257kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III (3).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (254kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV (3).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (330kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V (2).pdf

Download (101kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA, LAMPIRAN.pdf

Download (663kB)

Abstract

Magic yang tersebar dikalangan masyarakat yang hingga saat ini dipercayai sebagai sebuah kebenaran secara turu-temurun. Salah satunya adalah magic Sumur Batu di Desa Kampung Sawah Kecamatan Natal Kabupaten Mandailing Natal yang diyakini masyrakat bahwa air dari sumur batu berkhasiat bisa menyembuhkan berbagai macam penyakit. Penelitian ini berjudul “Unsur Magic Pada Sumur Batu Dalam Pandangan Masyarakat di Desa Kampung Sawah Kecamatan Natal Kabupaten Mandailing Natal ( Studi Kasus Pengobatan Supranatural Dukun )” Penelitian ini menggunakan metode kualitatif.” , Rumusan masalahnya adalah Apa yang dimaksud dengan Magic Sumur Batu bagaimana Pandangan Masyarakat terhadap Magic Sumur Batu di Kampung Sawah kecamatan natal kabupaten mandailing natal.Tujuan Penelitian ini adalah Pandangan Masyarakat Di Kampung Sawah Kecamatan Natal Kabupaten Mandailing Natal sangat mempercayai adanya Mitos Sumur Batu, Pandangan Masyarakat Islam dan Kristen Di Kampung Sawah Kecamatan Natal Kabupaten Mandailing Natal.Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang berorientasi pandangan pada penelitian lapangan dengan pendekatan fenomenologi yang menggunakan teori fungsionalisme. Sumber data dihasilkan dari hasil wawancara, observasi dan dokumentasi. Berdasarkan penelitian yang dilakukan, diperoleh hasil bahwa pandangan masyarakat terhadap magic sumur batu berbagai menjadi tiga, yaitu: (1) pandangan masyarakat Desa Kampung Sawah yang menganggap bahwa air sumur batu memang benar-benar berkhasiat dan bukan sekedar mitos itu, (2) pandangan masyarakat Desa Kampung Sawah yang menganggap bahwa air sumur batu yang airnya berkhasiat hanyalah sebuah mitos. (3) pandangan masyarakat Desa Kampung Sawah yang menggangap bahwa orang yang memepercayai khasiat dari air sumur batu tergolong kepada perbuatan khurafat.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Unsur, Magic, Sumur Batu
Subjects: 2X6 SOSIAL DAN BUDAYA
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Studi Islam > Studi Agama-Agama > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mr Muhammad Aditya
Date Deposited: 03 Mar 2023 08:17
Last Modified: 03 Mar 2023 08:17
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/17981

Actions (login required)

View Item View Item