Hubungan motivasi belajar dan kemampuan kognitif terhadap disiplin belajar mahasiswa Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Ishlahiyah Binjai

Juriadi, Juriadi (2012) Hubungan motivasi belajar dan kemampuan kognitif terhadap disiplin belajar mahasiswa Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Ishlahiyah Binjai. Masters thesis, Pascasarjana UIN Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
Tesis Juriadi.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan motivasi belajar (X1), dan kemampuan kognitif (X2) terhadap disiplin belajar mahasiswa Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Ishlahiyah Binjai (Y). Untuk menjawab permasalahan penelitian, tiga hipotesis diajukan. Pertama, terdapat hubungan positif dan signifikan antara motivasi belajar (X1) dengan disiplin belajar mahasiswa (Y). Kedua, terdapat hubungan positif dan signifikan kemampuan kognitif (X2) dengan disiplin belajar mahasiswa (Y). Ketiga, terdapat hubungan positif dan signifikan motivasi belajar (X1) dan kemampuan kognitif (X2) secara bersama-sama dengan disiplin belajar mahasiswa. Penelitian ini termasuk penelitian ex-post facto dengan menggunakan metode deskriptif korelasional, populasinya adalah seluruh mahasiswa Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Ishlahiyah Binjai yang berjumlah 729 orang mahasiswa dan sampel yang digunakan adalah 110 dengan teknik proporsional random sampling. Instrumen pengumpulan data menggunakan angket model skala likert. Angket ini diuji cobakan terlebih dahulu untuk memperoleh angket yang valid dan reliabel. Uji persyaratan analisis tentang normalitas dilakukan dengan rumus Skewness dan Kurtosis, uji linieritas dilakukan dengan grafik P-P Plot regresi dan uji multikolinieritas. Pengujian hipotesis pertama dan kedua menggunakan korelasi product moment, sedangkan untuk pengujian hipotesis ketiga menggunakan korelasi ganda. Hasil penelitian ini menunjukkan: (1) terdapat hubungan positif dan signifikan antara motivasi belajar dengan disiplin belajar mahasiswa, hal tersebut ditunjukkan dari harga r hitung lebih besar dari r tabel dengan N = 110 pada taraf signifikansi 5% (0,248 > 0,195), (2) terdapat hubungan positif dan tidak signifikan antara kemampuan kognitif dengan disiplin belajar mahasiswa, hal tersebut ditunjukkan dari harga r hitung lebih kecil dari r tabel dengan N = 110 pada taraf signifikansi 5% (0,077 < 0,195), (3) terdapat hubungan positif dan signifikan antara motivasi belajar dan kemampuan kognitif secara bersama-sama dengan disiplin belajar mahasiswa, hal tersebut ditunjukkan dari harga F hitung 3,603 lebih besar dari harga F tabel 2,70 dan besarnya koefisien korelasi ganda (R) sebesar 0,251. Besarnya koefisien determinasi (R2) sebesar 0,319.

Jenis Item: Skripsi (Masters)
Subjects: 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam
Pengguna yang mendeposit: Mr. Imran Benawi
Date Deposited: 11 Jul 2017 08:53
Last Modified: 11 Jul 2017 08:54
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/1797

Actions (login required)

View Item View Item