Peranan Pemerintah desa dalam pemberdayaan Petani untuk meningkatkan kesejahteraan keluarga muslim di Desa Sei Dua Hulu Kecamatan Simpang Empat Kabupaten Asahan

Annisa, Ayu (2022) Peranan Pemerintah desa dalam pemberdayaan Petani untuk meningkatkan kesejahteraan keluarga muslim di Desa Sei Dua Hulu Kecamatan Simpang Empat Kabupaten Asahan. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
cover ayu.pdf

Download (957kB)
[img] Text
BAB I W - Copy.pdf

Download (661kB)
[img] Text
BAB II W - Copy.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (513kB)
[img] Text
BAB III W - Copy.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (230kB)
[img] Text
BAB IV W - Copy.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (494kB)
[img] Text
BAB V W - Copy.pdf

Download (194kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA WA - Copy.pdf

Download (865kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peranan pemerintah Desa dalam pemberdayaan petani untuk meningkatkan kesejahteraan keluarga Muslim di Desa Sei Dua Hulu Kecamatan Simpang Empat Kabupaten Asahan, Bagaimana peranan pemerintah Desa dalam pemberdayaan petani di Desa Sei Dua Hulu, Apa saja hambatan yang dialami oleh petani dalam meningkatkan kesejahteraan keluarga di Desa Sei Dua Hulu, Penelitian ini dilaksanakan di Desa Sei Dua Hulu Kecamatan Simpang Empat Kabupaten Asahan. Metode Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif, dengan subjek penelitian yaitu, pemerintah Desa Sei Dua Hulu. Sedangkan objek penelitian ini merupakan masyarakat petani di Desa Sei Dua Hulu. Instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini ialah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknis analisis data pada penelitian ini dilakukan beberapa tahapan, yaitu : reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan data. Temuan dalam penelitian ini ialah : (1) Peranan pemerintah desa dalam pemberdayaan petani sebagai regulator, fasilitator, pelaksana/operator, konsultan, memotivasi masyarakat tani (2) Faktor penghambat dan faktor pendukung yang dialami oleh petani dalam meningkatkan kesejahteraan keluarga yaitu terbatasnya dana dari pemerintah, tingkat harga, usia petani, gagal panen, rendahnya keterampilan petani.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 2X6 SOSIAL DAN BUDAYA > 2X6.1 Masyarakat Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 03 Mar 2023 04:32
Last Modified: 03 Mar 2023 04:32
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/17963

Actions (login required)

View Item View Item