Pemberdayaan Lansia Melalui Kegiatan Keagamaan Di Pondok Darussalam Purbabangun Kecamatan Portibi Kabupaten Padang Lawas Utara

Simamora, Jurmiyati (2021) Pemberdayaan Lansia Melalui Kegiatan Keagamaan Di Pondok Darussalam Purbabangun Kecamatan Portibi Kabupaten Padang Lawas Utara. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
COVERNYA.pdf

Download (670kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (454kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (530kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (420kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (530kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (394kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) pemberdayaan lansia melalui kegiatan keagamaan, 2) program kegiatan keagamaan lansia, 3) faktor pendukung dan faktor penghambat lansia melakukan kegiatan keagamaan. Lokasi penelitian ini dilakukan di Jl. Lintas Gunung Tua-Binanga Pasar Purbabangun desa Rondaman Dolok Kecamatan Portibi Kabupaten Padang Lawas Utara. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan kualitatif, peneliti menggunakan teknik pengambilan data yaitu penelitian lapangan secara langsung dengan melakukan observasi, wawancara mendalam, serta didukung oleh data kepustakaan dan dokumentasi yang berkaitan dengan penelitian ini. Pengambilan data dilakukan melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teknik keabsahan data-data menggunakan triangulasi sumber. Hasil yang diperoleh adalah dengan didirikannya Pondok Darussalam Purbabangun maka lansia bisa hidup dengan tenang, tidak ada gangguan dari luar, dan mengurangi masalah –masalah yang ada pada diri lansia karena lansia yang tidak memiliki pengetahuan tentang bagaimana cara mendekatkan diri kepada Allah SWT secara lebih mendalam sehingga lansia bisa mengetahuinya setelah menetap untuk tinggal di Pondok Darussalam Purbabangun tersebut. Dan dengan adanya pemberdayaan lansia melalui kegiatan keagamaan maka sangat membantu lansia untuk mencapai kebahagiaan dunia dan akhirat bersama.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pemberdayaan, Lansia, Kegiatan Keagamaan.
Subjects: 2X6 SOSIAL DAN BUDAYA > 2X6.1 Masyarakat Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 03 Mar 2023 04:27
Last Modified: 03 Mar 2023 04:27
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/17962

Actions (login required)

View Item View Item