Peran Lembaga Sarak Opat dalam Sistem Pemerintahan Masyarakat Gayo di Tinjau dari Fiqh Siyasah di Desa Linung Bulen 1 Kecamatan Bintang Kabupaten Aceh Tengah.

Zentami, Selvita (2022) Peran Lembaga Sarak Opat dalam Sistem Pemerintahan Masyarakat Gayo di Tinjau dari Fiqh Siyasah di Desa Linung Bulen 1 Kecamatan Bintang Kabupaten Aceh Tengah. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
1. COVER (2).pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. BAB I (3).pdf

Download (1MB)
[img] Text
3. BAB II (3).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
4. BAB III (4).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
5. BAB IV (3).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
6. BAB V (3).pdf

Download (1MB)
[img] Text
7. DAFTAR PUSTAKA (2).pdf

Download (1MB)

Abstract

Skripsi ini membahas mengenai peran Lembaga Sarak Opat dalam menjalankan pemerintahan desa dan menyelesaikan permasalahan yang terjadi pada masyarakat Desa khusunya di Daerah Gayo, yang dimana menurut Qanun Kabupaten Aceh Tengah Nomor 9 Tahun 2002 Tentang Hukum Adat Gayo yang mana Lembaga Sarak Opat memiliki kewewenangan untuk menyelesaikan, menyelidiki, dan menjatuhkan sanksi adat berdasarkan hukum adat istiadat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah lembaga Sarak Opat telah melaksanakan peranannya didalam Desa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode yuridis empiris. menganalisis permasalahan yang dilakukan dengan cara memadukan bahan-bahan hukum antara data sekunder dengan data primer. Data primer di dapatkan dari hasil wawancara langsung kepada Aparatur lembaga Sarak Opat dan data sekunder adalah data yang di dapatkan dari beberapa literatur seperti buku, jurnal, yang berhubungan dengan penelitian ini. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Lembaga Sarak Opat masih ada sampai saat ini ditengah- tengah masyarakat gayo akan tetapi masih kurang maksimal dalam menjalan perannya seperti yang sudah ditetapkan dalam Qanun. Dan dapat ditarik kesimpulan kembali peran Lembaga Sarak Opat di Desa Linung Bulen I, Kecamtan Bintang, Kabupaten Aceh Tengah bahwa Lembaga Sarak Opat masih kurang maksimal dalam menjalankan tugas dan fungsinya, seperti menjalankan pemerintahan desa serta menyelesaikan permasalahan atau sengekta didalam masyarakat Desa dan sudah ditinjau dari fiqh Siyasah untuk membentuk suatu hukum yang diberlakukan di masyarakat terkait dengan Siyasah Qadha‟iyyah yang disebut dengan sulthah qadhaiyyah yang berarti Kekuasaan kehakiman. Dalam hal ini bahwa Lembaga Sarak Opat belum termaksuk memenuhi prinsip dalam menyelesaikan permasalahan-permasalahan dan memutuskan hukum atau membuat suatu ketetapan. Sebab Lembaga Sarak Opat memiliki hambatan-hambatan dalam menjalankan perananya didalam masyakat Desa.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Sarak Opat, Gayo, Fiqh Siyasah.
Subjects: 2X4 FIQH > 2X4.7 Hukum Internasional > 2X4.71 Hukum ketatanegaraan
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Siyasah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mr Muhammad Aditya
Date Deposited: 02 Mar 2023 09:04
Last Modified: 02 Mar 2023 09:05
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/17942

Actions (login required)

View Item View Item