Peran Pengrajin Keripik Tempe Dalam Membantu Ekonomi Keluarga Di Desa Gonting Malaha Kecamatan Bandar Pulau Kabupaten Asahan

Fanany, Novrina Elva (2022) Peran Pengrajin Keripik Tempe Dalam Membantu Ekonomi Keluarga Di Desa Gonting Malaha Kecamatan Bandar Pulau Kabupaten Asahan. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
COVER ELVA.pdf

Download (333kB)
[img] Text
BAB I ELVA.pdf

Download (426kB)
[img] Text
BAB II ELVA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (481kB)
[img] Text
BAB III ELVA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (237kB)
[img] Text
BAB IV ELVA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (186kB)
[img] Text
BAB V ELVA.pdf

Download (98kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA LAMPIRAN ELVA.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian tersebut memiliki tujuan: 1). Untuk mengetahui peluang pengrajin keripik tempe dalam membantu ekonomi keluarga, serta, 2). Untuk mengetahui kendala yang dihadapi saat membuat keripik tempe. Dengan adanya pengrajin keripik tempe disekitar lingkungan tersebut. Penelitian ini menggunakan teknik penelitian deskriptif kualitatif. Wawancara dan dokumentasi digunakan untuk perolehan data. Informan penelitian ini meliputi pemilik rumah pengrajin keripik tempe, warga, dan anggota masyarakat setempat. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan menggunakan tipe data kualitatif. Teknik ini digunakan untuk mengkarakterisasi, mengevaluasi, dan mengungkapkan peristiwa lapangan. Kemudian, informasi ini diperoleh melalui pengumpulan data primer, yang terdiri dari observasi, wawancara, dan dokumentasi. Selain itu, data sekunder berupa referensi buku, makalah, atau jurnal yang berkaitan dengan masalah penelitian disediakan untuk melengkapi data lapangan. Temuan investigasi ini menunjukkan dengan adanya pengrajin keripik tempe di Kecamatan Bandar Pulau sangat berpengaruh besar dalam peningkatan ekonomi dan mengurangi jumlah pengganguran masyarakat sekitar. Beberapa hal yang menjadi hambatan saat membuat keripik tempe di desa saya masih menggunkana alat dan bahan tradisional. Contohnya saja, alat pemotong tempe masih menggunakan pisau dapur dan dikerjakan langsung oleh ibu yang membuat keripik tempe dan warga atau masyarakat sekitar.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 360 Social services; association > 363 Other social problems and services
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 02 Mar 2023 03:35
Last Modified: 02 Mar 2023 03:35
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/17919

Actions (login required)

View Item View Item