Tingkat Kepatuhan Warga Masyarakat Di Kecamatan Medan Helvetia Terhadap Masalah Kekarantinaan Kesehatan (Analisis Berdasarkan Undang-Undang No 6 Tahun 2018 Dan Hukum Pidana Islam)

Putri, Siti Sarah Andina (2021) Tingkat Kepatuhan Warga Masyarakat Di Kecamatan Medan Helvetia Terhadap Masalah Kekarantinaan Kesehatan (Analisis Berdasarkan Undang-Undang No 6 Tahun 2018 Dan Hukum Pidana Islam). Skripsi thesis, Universitas islam negeri Sumatera Utara Medan.

[img] Text
cover (2).pdf

Download (488kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (721kB)
[img] Text
BAB II (1).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (592kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (367kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (637kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (176kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (841kB)

Abstract

Kepatuhan berasal dari kata obedience dalam bahasa Inggris. Obedience berasal dari bahasa Latin yaitu obedire yang berarti untuk mendengar terhadap. Kepatuhan adalah fenomena yang mirip dengan penyesuaian diri. Kekarantinaan Kesehatan adalah upaya mencegah dan menangkal keluar atau masuknya penyakit dan faktor resiko kesehatan masyarakat yang berpotensi menimbulkan kedaruratan kesehatan masyarakat. Adapun UU yang mengatur tentang kekarantianaan kesehatan yaitu UU Nomor 6 Tahun 2018 tentang kekarantinaan kesehatan, Pasal 93 yaitu, setiap orang yang tidak mematuhi dan/atau menghalang-halangi penyelenggaraan kekarantinaan kesehatan sehingga menyebabkan kedaruratan kesehatan masyarakat dipidana paling lama satu tahun dan/atau denda maksimal RP 100 juta. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 4 (tiga) hal yaitu: Untuk mengetahui tingkat kepatuhan warga Kecamatan Medan Helvetia terhadap protokol kesehatan dalam masa pandemi Covid-19, Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat kepatuhan warga Kecamatan Medan Helvetia terhadap protokol kesehatan dalam masa pandemi Covid-19 , Untuk mengetahui Upaya-Upaya apa yang perlu dilakukan untuk meningkat kepatuhan warga Kecamatan Medan Helvetia terhadap protokol kesehatan dalam masa pandemi Covid19, Untuk mengetahui tinjauan hukum pidana islam terhadap penerapan protokol kesehatan dalam masa pandemi covid-19. adapun hasil dari penelitian yang penulis teliti yaitu bahwa tingkat kepatuhan warga Kecamatan Medan Helvetia terhadap protokol kesehatan dalam masa pandemi Covid-19 ini dapat dikatakan patuh/mengalami kenaikan atau berarati sudah banyak warga masyarakat helvetia mentaati peraturan yang telah dibuat oleh pemerintah, hal ini dapat dilihat dari Update Data Kasus Covid-19 Kecamatan Medan Helvetia. Dasar Hukum Pidana Islam yang mengatur tentang kekarantinaan kesehatan terdapat dalam Q.S AlAnfal:25.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 2X4 FIQH > 2X4.5 Hukum Pidana/Jinayat
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Jinayah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 01 Mar 2023 08:07
Last Modified: 01 Mar 2023 08:07
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/17903

Actions (login required)

View Item View Item