Analisis Akuntabilitas Pelaporan Keuangan Masjid Berdasarkan ISAK No. 35 (Studi Kasus Masjid Sekecamatan Medan Denai Kota Medan)

Siregar, Khairani (2022) Analisis Akuntabilitas Pelaporan Keuangan Masjid Berdasarkan ISAK No. 35 (Studi Kasus Masjid Sekecamatan Medan Denai Kota Medan). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
COVER NYA Khairani Siregar.pdf

Download (986kB)
[img] Text
BAB I Khairani Siregar.pdf

Download (589kB)
[img] Text
BAB II Khairani Siregar.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB III Khairani Siregar.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (385kB)
[img] Text
BAB IV Khairani Siregar.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
BAB V Khairani Siregar.pdf

Download (363kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA Khairani Siregar.pdf

Download (466kB)

Abstract

Masjid merupakan salah satu organisasi nirlaba yang bergerak di bidang keagamaan guna mengelola sumber daya yang diperoleh dari masyarakat sebagai bentuk sumbangan sukarela. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui akuntabilitas dan kesesuaian pelaporan keuangan masjid berdasarkan ISAK No. 35. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif deskriptif. Pengumpulan data yang digunakan yaitu melakukan wawancara, observasi dan dokumentasi, sedangkan analisis data yang digunakan yaitu melakukan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa Akuntabilitas pelaporan keuangan yang dilakukan pada Masjid Sekecamatan Medan Denai sudah memenuhi pertanggungjawabannya kepada masyarakat secara transparan dan akuntabel, dalam keterbukaan akuntabilitas atas laporan keuangan masjid yang di lakukan dengan memaparkan kondisi keuangan yang ada pada papan pengumuman masjid dan pemberitahuan kepada masyarakat setiap akan sholat Jumat. Kesesuaian pelaporan keuangan dilakukan masjidmasjid yang diteliti, belum ada masjid yang telah memenuhi laporan keuangan berdasarkan ISAK No. 35 sepenuhnya. Namun ada beberapa laporan seperti laporan arus kas dan laporan dana operasional yang telah dilakukan Masjid Al Hidayah, sedangkan Masjid Taqwa, Masjid Jam’iatul Fitri, Masjid Jannatul Alim, Masjid Miftahu

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Akuntabilitas, Laporan Keuangan, ISAK No. 35
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 657 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Akuntansi Syariah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 01 Mar 2023 05:31
Last Modified: 01 Mar 2023 05:31
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/17889

Actions (login required)

View Item View Item