Upaya Badan Narkotika Nasional Kota Lhokseumawe Dan Kontor Kementerian Agama Kota Lhokseumawe Dalam Pencegahan Penyalahgunaan Narkoba Bagi Remaja Di Kota Lhokseumawe Melalui Perspektif Pendidikan Islam

Bahri, Saiful (2022) Upaya Badan Narkotika Nasional Kota Lhokseumawe Dan Kontor Kementerian Agama Kota Lhokseumawe Dalam Pencegahan Penyalahgunaan Narkoba Bagi Remaja Di Kota Lhokseumawe Melalui Perspektif Pendidikan Islam. Doctoral thesis, Pascasarjana Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan.

[img] Text
Cover laporan repository Pustaka UIN SU.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB I Revisi.pdf

Download (521kB)
[img] Text
BAB I Revisi.pdf

Download (521kB)
[img] Text
BAB II Revisi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB III Revisi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (511kB)
[img] Text
BAB IV Revisi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
BAB V Revisi.pdf

Download (404kB)
[img] Text
Daftar pustaka beserta lampiran tuk repository pus UIN Su.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan pertama, untuk menemukan bagaimana penyalahgunakan narkoba di kalangan remaja, Kedua, untuk mengetahui upaya apa saja yang dilakukan oleh Badan Narkotika Nasional Kota Lhokseumawe dan kantor Kementerian Agama Kota Lhokseumawe terhadap pencegahan penyalahgunaan narkoba bagi remaja di kota Lhokseumawe. Ketiga, untuk menemukan faktor-faktor apasaja yang menghambat dalam pencegahan penyalahgunaan narkoba bagi remaja di kota Lhokseumawe, keempat, bagaimana model pencegahan narkoba dalam perspektif Pendidikan Islam. Peneliti ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan pendekatan fenomenologi. Proses pengumpulan data dengan cara observasi, dokumentasi dan wawancara. Temuan pertama, bahwa Penyalahgunaan narkoba bagi remaja kota Lhokseumawe jenis shabu-shabu para remaja dengan menggunakan bong, jenis ganja menggunakan rokok dan kue dodol dan jenis lem dengan menghirup baunya. Temuan kedua, upaya yang telah dilakukan oleh BNN kota Lhokseumawe yaitu dengan memberikan informasi melalui baliho, banner, spanduk, radio, menyapa keliling gampong, penyuluhan ke lembaga pemerintah, sekolah, perguruan tinggi, mengadakan workshop bagi remaja, tes urine, serta program pemberdayaan masyarakat dengan usaha budidaya ikan lele, menjahit. Sedangkan upaya yang dilakukan oleh kantor Kementerian agama yaitu memberikan penyuluhan melalui pengajian di balai bagi remaja. Temuan ketiga, faktor yang menjadi penghambat dalam penanggulangan bahaya penyalahgunaan narkoba bagi remaja adalah, tidak adanya qanun kota Lhokseumawe tentang penyalahgunaan narkoba, banyak remaja tidak ikut partisipasi disaat kegiatan penyuluhan, kurang peduli terhadap pergaulan remaja dan penyalahgunaan narkoba, tidak tersedia dana dalam pemberdayaan ekonomi masyarakat dan jumlah sumber daya manusia masih kurang ke dua lembaga tersebut. Temuan keempat, model pencegahan penyalahguna narkoba bagi remaja dalam perspektif Pendidikan Islam melalui Konsep ta’lim, meliputi pemberian pengetahuan, pengertian, pemahaman, tanggung jawab dan menanamkan amanah.

Jenis Item: Skripsi (Doctoral)
Uncontrolled Keywords: Pencegahan, Narkoba, Remaja, Pendidikan Islam.
Subjects: 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam
Divisions: Program Pasca Sarjana > Program Doktor > Disertasi Doktor
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 01 Mar 2023 05:10
Last Modified: 01 Mar 2023 05:11
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/17888

Actions (login required)

View Item View Item