Analisis Penerapan Harga Pasar Berdasarkan Tingkat Produksi Pada Komoditas Cabai Merah Dalam Perspektif Maqashid Syariah (Studi Kasus: Kelompok “Juli Tani” Desa Sidodadi Ramunia, Kecamatan Beringin, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara)

Satyana, Ellina (2023) Analisis Penerapan Harga Pasar Berdasarkan Tingkat Produksi Pada Komoditas Cabai Merah Dalam Perspektif Maqashid Syariah (Studi Kasus: Kelompok “Juli Tani” Desa Sidodadi Ramunia, Kecamatan Beringin, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
COVER ELLINA SATYANA.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I SKRIPSI.pdf

Download (353kB)
[img] Text
BAB II SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (673kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (280kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (584kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V SKRIPSI.pdf

Download (191kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan harga pasar berdasarkan tingkat produksi pada pada komoditas cabai merah dalam perspektif maqashid syariah oleh kelompok Juli Tani Desa Sidodadi Ramunia, Kecamatan Beringin, Kabupaten Deli Serdang Sumatera Utara. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif, metode pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Subjek penelitian ini difokuskan pada 30 petani cabai merah dengan pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perubahan harga cabai merah di pasar tidak mempengaruhi tinggi rendahnya kuantitas produksi cabai merah yang dihasilkan oleh petani Juli Tani di Desa Sidodadi Ramunia. Fluktuasi harga cabai tidak membuat petani cabai merah Juli Tani beralih untuk produksi komoditas lain. Alasan paling mendasar dari keputusan ini karena adanya keyakinan yang kuat terhadap minat dan pengalaman bertani cabai merah, dan faktor lain yang mempengaruhi produksi seperti luas lahan, tenaga kerja dan pupuk. Besar pendapatan bersih rata-rata petani Juli Tani cabai merah dengan 1.050 kg/rante dalam sekali panen yaitu sebesar Rp. 5.682.500, sedangkan jika dihitung pertahunnya Rp. 11.065.000 atau sekitar Rp. 1.844.166/bulan. Penerapan maqashid syariah dalam memandang harga pasar yaitu ketika at-tas’ir (penetapan harga) diperbolehkan jika kemaslahatan manusia dapat terwujud. Islam mewajibkan pemerintah untuk melakukan intervensi harga jika terjadi indikasi distorsi pasar. Untuk penerapan maqashid syariah dalam tingkat produksi dinilai dari nilai Maslahah (M) yang diperoleh kelompok Juli Tani cabai merah Desa Sidodadi Ramunia dalam kegiatan produksi yaitu sebesar Rp. 11.715.000

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Harga Pasar, Tingkat Produksi, Petani Cabai Merah, Maqashid Syariah
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mr Muhammad Aditya
Date Deposited: 01 Mar 2023 05:18
Last Modified: 01 Mar 2023 05:18
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/17887

Actions (login required)

View Item View Item