Usaha Petani Sawit Dalam mengatasi Kerugian Dan Solusi Akibat Berkurangnya Hasil Panen Di Desa Tebing Tinggi Pangkatan Kecamatan Pangkatan Kabupaten Labuhanbatu

Marliyah, Marliyah (2022) Usaha Petani Sawit Dalam mengatasi Kerugian Dan Solusi Akibat Berkurangnya Hasil Panen Di Desa Tebing Tinggi Pangkatan Kecamatan Pangkatan Kabupaten Labuhanbatu. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
cover...pdf

Download (571kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (277kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (300kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (163kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (214kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (93kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini tujuannya guna mengungkapkan usaha dan solusi petani sawit dalam mengatasi kerugian hasil panen di Desa Tebing Tinggi Pangkatan Kecamatan Pangkatan Kabupaten Labuhanbatu, akibat berkurangnya hasil panen di Desa Tebing Tinggi Pangkatan Kecamatan Pangkatan Kabupaten Labuhanbatu, serta mengetahui faktor pendukung dan faktor penghambat yang dihadapi usaha petani sawit dalam mengatasi kerugian dan solusi akibat berkurangnya hasil panen. Metode penelitian ini termasuk jenis penelitian kualitatif yaitu meneliti untuk memperoleh data lapangan (data empiris) yang bersifat deskriftif. Metode yang digunakan adalah dokumentasi, observasi, dan wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan sebagai berikut : (1) Usaha dan Solusi Petani Sawit Dalam Mengatasi Kerugian Hasil Panen yaitu membasmi hama, perawatan yang baik agar menjaga kenetralan hasil dari buah, memberi pupuk yang lebih bagus, serta lebih rajin merawat kebun kelapa sawit dari tahap pemupukan, pengendalian hama dan penyakit, dan tahap pemanenan yang benar. (2) Akibat Berkurangnya Hasil Panen Yaitu cuaca yang tidak bisa diprediksi yang mana kadang banjir bahkan kadang kemarau, kurangnya perhatian pemilik kebun kelapa sawit dalam merawat kebun kelapa sawitnya, terlalu banyak hama yang merusak kebun kelapa sawit dan tahap pemupukan yang masih salah, perawatan yang kurang baik dan pemanenan yang salah. (3) faktor pendukung dan faktor penghambat yanag terjadi usaha petani sawit dalam mentasi kerugian dan solusi akibat berkurangnya hasil panen yaitu faktor pendukungnya seperti adanya organisasi dalam kegiatan perkumpulan satu bulan sekali, agen sawit bisa masuk ke lahan TPH langsung dan hubungan yang baik pada masyarakat sehingga sering bertukarnya pikiran atau ide tentang kebun kelapa sawit, sedangkan faktor penghambatnya yaitu kurangnya fasilitas atau peralatan yang disediakan pemerintah, harga pupuk yang mahal, harga kelapa sawit yang murah, terlalu banyak hama yang merusak kebun kelapa sawit.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 360 Social services; association > 363 Other social problems and services
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 28 Feb 2023 04:58
Last Modified: 28 Feb 2023 04:58
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/17859

Actions (login required)

View Item View Item