Hukum Sewa Ruko Yang Belum Dibangun Dalam Persfektif Mazhab Syafi’I (Studi Kasus Di Desa Ujung Kubu Kecamatan Nibung Hangus Kabupaten Batu Bara)

Mulyati, Taufikah (2022) Hukum Sewa Ruko Yang Belum Dibangun Dalam Persfektif Mazhab Syafi’I (Studi Kasus Di Desa Ujung Kubu Kecamatan Nibung Hangus Kabupaten Batu Bara). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera utara.

[img] Text
COVER+DLL Taufikah.pdf

Download (276kB)
[img] Text
BAB I Taufikah.pdf

Download (315kB)
[img] Text
BAB II Taufikah.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (364kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III Taufikah.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (245kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV Taufikah.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (365kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V Taufikah.pdf

Download (156kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA+LAMPIRAN Taufikah.pdf

Download (822kB)

Abstract

Skripsi ini berjudul: “Hukum Sewa Ruko Yang Belum Dibangun Dalam Persfektif Mazhab Syafi’I (Studi Kasus Di Desa Ujung Kubu Kecamatan Nibung Hangus Kabupaten Batu Bara).” Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan pokok yang mendasar, yaitu praktik sewa menyewa ruko yang belum dibangun di desa ujung kubu, dimana praktik yang dilakukan oleh penyewa dan pemiliknya yaitu dengan menyewakan sebuah bangunan ruko yang belum dibangun, sehingga belum berwujud dengan sempurna objek yang akan disewakan tersebut, dimana hal tersebut bertentangan dengan pendapat Imam Syafi’i mengenai objek yang disewakan harus jelas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana hukum sewa ruko yang belum dibangun di Desa Ujung Kubu. Masalah yang akan diteliti ialah Bagaimana praktik sewa menyewa ruko yang belum dibangun di Desa Ujung Kubu, apa saja faktor-faktor yang mendukung adanya praktik sewa menyewa ruko yang belum dibangun di Desa Ujung Kubu, dan apa hukum sewa menyewa ruko yang belum dibangun dalam Persfektif Mazhab Syafi’i. Penelitian hukum ini merupakan jenis penelitian Yuridis Empiris, penelitian ini juga gabungan dari metode penelitian library research dan field research. Pendekatan yang dilakukan adalah pendekatan konseptual (conseptual approach) dan pendekatan sosiologis (sosiological approach). Untuk memperoleh data bahan hukum dalam penelitian ini menggunakan metode library research. Dalam penelitian ini data diolah dengan menggunakan metode kualitatif, dan metode deskriptif dengan menggambarkan secara sistematis. Data dianalisis dengan menggunakan logika berfikir deduktif. Berdasarkan hasil penelitian ini menyatakan bahwa Praktek sewa menyewa ruko yang terjadi di desa Ujung Kubu kecamatan Nibung Hangus kabupaten Batu Bara ini dilakukan dengan cara menyewa ruko yang belum dibangun, praktek ini terjadi karena adanya faktor faktor yang dianggap menjadi pengaruh dalam praktek sewa menyewa, yakni: Saling percaya, unsur tolong menolong, lebih mudah dan bersahabat, serta jumlah ruko yang terbatas. Jika dilihat dari persfektif Mazhab Syafi’I menyatakan bahwa untuk pelaksanaan sewa-menyewa ruko yang belum dibangun tidak boleh dilakukan karna objek yang akan dimamfaatkan belum siap atau belum ada, hal ini berdasarkan persfektif Mazhab Syafi’I bahwa sewa-menyewa dapat dikatakan sah apabila sesuatu benda tersebut bisa dimanfaatkan. Penyewa (mu’jir) tidak boleh menyewa ruko karna belum ada bangunan ruko yang bisa diambil mafaatnya. Maka menurut persfektif Mazhab Syafi’I hukumnya tidak sah (haram).

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hukum, Sewa, Ruko, Mazhab Syafi’i.
Subjects: 300 Social sciences > 340 Law
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Muamalah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mr Muhammad Aditya
Date Deposited: 27 Feb 2023 09:23
Last Modified: 27 Feb 2023 09:23
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/17816

Actions (login required)

View Item View Item