Tinjauan Fiqh Siyasah Tentang Perlindungan Hukum Terhadap Kekerasan Anak (Studi Kasus Perundungan/Bullying Di Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Pemberdayaan Masyarakat Kota Medan)

Salamah, Cut Isra (2023) Tinjauan Fiqh Siyasah Tentang Perlindungan Hukum Terhadap Kekerasan Anak (Studi Kasus Perundungan/Bullying Di Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Pemberdayaan Masyarakat Kota Medan). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
Cover Isra.pdf

Download (704kB)
[img] Text
BAB I Isra-1.pdf

Download (604kB)
[img] Text
BAB II Isra-1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (456kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III Isra-1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (340kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV Isra-1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (415kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V Isra-1.pdf

Download (180kB)
[img] Text
Daftar Pustaka Isra-1.pdf

Download (1MB)

Abstract

Maraknya dan meningkatnya kekerasan terhadap anak di Kota Medan merupakan tindak pidana yang harus dicegah dan dilindungi dengan peraturan atau undang-undang. Pasal 54 UU No 35 Tahun 2014 Mengubah UU Perlindungan Anak No 23 Tahun 2002.Karena keprihatinan tersebut, penulis memutuskan untuk menyelidiki lebih jauh bagaimana perlindungan hukum terhadap kekerasan terhadap anak di kota Medan. Penelitian ini terdapat tiga rumusan masalah, yaitu bagaimana gambaran umum perlindungan hukum terhadap kekerasan terhadap anak di Kota Medan; Bagaimana peran dinas pemberdayaan perempuan, perlindungan anak dan pemberdayaan masyarakat dalam mengatasi kekerasan terhadap anak di kota Medan? ; bagaimana pandangan fiqh siyasah tentang perlindungan hukum terhadap kekerasan anak. Penelitian ini termasuk dalam penelitian lapangan, yaitu. . Penelitian dilakukan langsung pada peristiwa dan data lapangan. Jenis penelitian ini adalah penelitian hukum empiris dengan menggunakan metode penelitian lapangan. Sehubungan dengan jenis penelitian yang digunakan yaitu. H. penelitian hukum empiris, pendekatan yang digunakan adalah pendekatan konseptual dan pendekatan kasus. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara dan studi dokumen. Setelah data terkumpul, data dianalisis dengan menggunakan metode analisis kualitatif berdasarkan analisis deskriptif . Hasil penelitian menunjukkan bahwa perlindungan hukum terhadap kekerasan terhadap anak di Kota Medan yang dikelola oleh UPT PPA di bawah Badan Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Pemberdayaan Masyarakat sudah dilaksanakan berdasarkan undang-undang yang ada, namun terdapat beberapa kendala karena banyaknya masyarakat. . enggan melaporkan masalah, sehingga masalah akan berkepanjangan sampai selesai, dan perlu penguatan kesadaran hukum dari pemerintah dan seluruh lapisan masyarakat untuk memberikan perlindungan agar masalah tidak terulang kembali. Oleh karena itu, dalam perannya, UPT PPA berupaya untuk melakukan pengolahan secara bersama-sama dan dalam perlindungan semaksimal mungkin. Kajian Fiqh Siyasah Perlindungan Hukum Pelecehan Anak di Kota Medan (Siyasa Fiqh Review Perlindungan Hukum Pelecehan Anak di Kota Medan) didasarkan pada Standar Operasional Prosedur (SOP) yang tidak bertentangan dengan penelitian Fiqh Siyasah atau hukum Islam. Dan sesuai dengan apa yang di anjurkan fiqh siyasah untuk melindungi anak dari kekerasan dan memberikan perlindungan hukum bagi anak .

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Perlindungan Hukum, Kekerasan Terhadap Anak, Perlindungan Anak, Fikih Siyasah
Subjects: 300 Social sciences > 350 Public administration > 351 Of central governments
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Siyasah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mr Muhammad Aditya
Date Deposited: 27 Feb 2023 09:20
Last Modified: 27 Feb 2023 09:20
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/17815

Actions (login required)

View Item View Item