Unsur Kearifan Lokal Masyarakat Mainangkabau Terhadap Legenda "Malin Kundang" (Studi Kasus Kelurahan Air Manis Kecamatan Padang Selatan Kota Padang).

Sukriah, Elpi (2021) Unsur Kearifan Lokal Masyarakat Mainangkabau Terhadap Legenda "Malin Kundang" (Studi Kasus Kelurahan Air Manis Kecamatan Padang Selatan Kota Padang). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
Cover dan Lainnya.pdf

Download (947kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (466kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (239kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (484kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (832kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (184kB)
[img] Text
Daftar Pustaka dan Lampiran Beserta Daftar Wawancara.pdf

Download (1MB)

Abstract

Indonesia merupakan salah satu Negara yang memiliki keanekaragaman baik itu suku, bangsa, ras, budaya, etnis dan agama. Tetapi pada masa sekarang banyak orang yang melupakan bahkan sampai menghilangkan budaya yang sudah ada sejak zaman nenek moyang yang seharusnya itu dapat dijadikan sebagai kearifan lokal kemudian di kembangkan sesuai dengan kemajuan zaman yang sejalan dengan ajaran moral Agama. Legenda Malin Kundang adalah sebuah kearifan lokal yang mengandung sebuah pembelajaran, yang di dalamnya terdapat ajaran agama yaitu penting nya berbakti kepada orang tua. Tujuan dari penelitian ini adalah membangkitkan serta mengembangkan kearifan lokal yang ada di kelurahan Air Manis kecamatan Padang Selatan kota Padang agar masyarakat khususnya anak-anak tetap mengingat legenda Malin Kundang guna untuk dijadikan sebagai penasehat agar berbakti kepada orang tua. Penelitian ini adalah penelitian studi lapangan yang menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan Teologi Islam. Dan mengumpulkan hasil dari wawancara masyarakat kelurahan Air Manis untuk dijadikan sebagai bukti bahan penelitian. Hasil temuan yang didapatkan pada penelitian ini dengan adanya kearifan lokal legenda batu Malin Kundang yang berada di kelurahan Air Manis kecamatan Padang Selatan kota Padang menjadikan tempat tersebut sebagai salah satu wisata yang popular dan ramai dikunjungi sampai saat ini.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 2X6 SOSIAL DAN BUDAYA > 2X6.1 Masyarakat Islam
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Studi Islam > Studi Agama-Agama > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 27 Feb 2023 08:43
Last Modified: 27 Feb 2023 08:43
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/17813

Actions (login required)

View Item View Item