Analisis Transaksi Uang Elektronik Pada Produk E-Martabe Ditinjau Dari Fiqh muamalah Pada Bank Sumut KCP Syariah Simpang Kayu Besar Tanjung Morawa

Yusuf, Yusuf (2022) Analisis Transaksi Uang Elektronik Pada Produk E-Martabe Ditinjau Dari Fiqh muamalah Pada Bank Sumut KCP Syariah Simpang Kayu Besar Tanjung Morawa. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
Cover Asli.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Bab 1 Skripsi.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Bab 2 Skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
Bab 3 Skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
Bab 4 Skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
Bab 5 Skripsi.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Daftar Pustaka Skripsi.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat kesesuaian produk E-Martabe Bank Sumut KCP Syariah Simpang Kayu Besar yang didasarkan dari fiqh muamalah dengan fatwa DSN-MUI No. 116/DSN-MUI/IX/2017 tentang Uang Elektronik Syariah. E-Martabe merupakan produk Bank Sumut yang dibuat berdasarkan co- branding dengan Bank Mandiri dan untuk mendukung Gerakan Nasional Non Tunai (GNNT). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif deskriptif yang teknik pengumpulan datanya menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi serta data yang digunakan adalah data primer hasil wawancara dengan Customer Service (CS) dan DPS (Dewan Pengawas Syariah) Bank Sumut KCP Syariah Simpang Kayu Besar, data sekunder dari buku-buku, jurnal, majalah, surat kabar dan lain-lain. Dari penelitian ini ditemukan hasil bahwa produk E-Martabe ini belum sepenuhnya sesuai dengan prinsip syariah dilihat dari fiqh muamalah dan fatwa DSN-MUI No. 116/DSN-MUI/IX/2017 tentang Uang Elektronik Syariah dan telah dikonfirmasi oleh DPS, didalam transaksinya terdapat unsur yang menyulitkan dan memperberat proses transaksi, penyimpanan dana float yang bukan pada bank syariah serta saldo yang hilang dalam kartu E-Martabe tidak dapat dikembalikan.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Transaksi, E-Martabe, Bank Sumut Syariah, Tinjauan Fiqh muamalah, Fatwa DSN-MUI.
Subjects: 2X4 FIQH > 2X4.2 Muamalah > 2X4.27 Bank
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah S1 > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 27 Feb 2023 08:38
Last Modified: 27 Feb 2023 08:38
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/17812

Actions (login required)

View Item View Item