Analisis Ketahanan Pangan Di Kabupaten Labuhanbatu Utara

Fahira, Nadia (2021) Analisis Ketahanan Pangan Di Kabupaten Labuhanbatu Utara. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
cover.pdf

Download (485kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (271kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (547kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (344kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (494kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (174kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB)

Abstract

Ketahanan pangan adalah kondisi pemenuhan kebutuhan rumah tangga yang tercermin dari ketersediaan pangan, kualitas dan kuantitas yang memadai, aman, merata dan terjangkau. Kabupaten Labuhanbatu Utara sebagai salah satu kabupaten penghasil padi yang mengalami defisit pangan, berdasarkan peta ketahanan pangan Sumatera Utara tahun 2011 disebutkan bahwa 2 kecamatan dari 8 kecamatan mengalami defisit, ditambah lagi tingginya pertumbuhan penduduk. Penelitian ini dilakukan di Kabupaten Labuhanbatu Utara. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan teknik pengumpulan data wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui poetensi ketersediaan pangan, peta kondisi ketahanan pangan dan kontribusi terhadap pendapatan asli daerah. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ketersediaan produksi padi, jagung dan ubi kayu pada tahun 2015-2019 mengalami fluktuasi atau cenderung naik turun, sedangkan peta kondisi ketahanan pangan secara umum berada pada ketegori sangat tahan pangan. dilihat dari diemsi ketersediaan pangan, sebanyak 6 kecamatan berada pada status sangat tahan, 1 kecamatan berada pada status cukup pangan, dan 1 kecamatan berada pada status rawan pangan. Dilihat dari dimensi akses pangan berada pada status sangat tahan, dan dimensi pemanfaatan pangan berada pada status tahan pangan. Kontribusi terhadap PAD tahun 2015-2016 sebesar 0%, tahun 2017 sebesar 0,58%, tahun 2018 sebesar 0,24%, tahun 2019 sebesar 0,24%.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Ketahanan Pangan, Ketersediaan Pangan, Akses Pangan, Pemanfaatan Pangan dan Pendapatan Asli Daerah
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 27 Feb 2023 08:27
Last Modified: 27 Feb 2023 08:27
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/17810

Actions (login required)

View Item View Item