Analisis Penerapan Standar Akuntansi Keuangan Entitas Tanpa Akuntabilitas Publik (Sak-Etap) Pada Koperasi Pegawai Republik Indonesia (KPRI) Universitas Islam Negeri Sumatera Utara (UINSU)

Novradila, Reza (2021) Analisis Penerapan Standar Akuntansi Keuangan Entitas Tanpa Akuntabilitas Publik (Sak-Etap) Pada Koperasi Pegawai Republik Indonesia (KPRI) Universitas Islam Negeri Sumatera Utara (UINSU). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
COVER.pdf

Download (443kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (454kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (291kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (907kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (54kB)
[img] Text
DAFTAR PUTAKA DAN LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

SAK ETAP merupakan standar yang ditetapkan pemerintah sebagai solusi dari masalah yang kerap menerpa koperasi, yaitu masalah penyajian laporan keuangan. SAK ETAP adalah standar yang ditujukan untuk memudahkan koperasi dalam menyajikan laporan keuangan yang dapat dipahami oleh pihak eksternal koperasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis bagaimana penerapan SAK ETAP dalam penyusunan laporan keuangan pada Koperasi Pegawai Republik Indonesia Universitas Islam Negeri Sumatera Utara. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan studi dokumentasi dan wawancara. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data, kesimpulan dan verifikasi. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa laporan keuangan yang disajikan oleh Koperasi Pegawai Republik Indonesia Universitas Islam Negeri Sumatera Utara belum sepenuhnya sesuai dengan SAK ETAP karena hanya menyajikan laporan keuangan sisa hasil usaha, laporan neraca, dan laporan arus kas. Pada laporan perhitungan sisa hasil usaha yang disajikan juga terdapat akun yang belum sesuai dengan SAK ETAP, yaitu adanya penyatuan penggolongan akun pada akun penjualan tunai.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: SAK ETAP, Laporan Keuangan
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 657 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Akuntansi Syariah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 27 Feb 2023 08:09
Last Modified: 27 Feb 2023 08:09
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/17808

Actions (login required)

View Item View Item