Penggunaan Youtube Ustaz Hanan Attaki Dalam Pemenuhan Pengetahuan Akhlak Remaja Di Desa Danau Sijabut Kecamatan Air Batu

Lubis, Siti Rahmadani (2022) Penggunaan Youtube Ustaz Hanan Attaki Dalam Pemenuhan Pengetahuan Akhlak Remaja Di Desa Danau Sijabut Kecamatan Air Batu. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
SKRIPSI SITI RAHMADANI LBS__COVER.pdf

Download (474kB)
[img] Text
SKRIPSI SITI RAHMADANI LBS__BAB I_.pdf

Download (396kB)
[img] Text
SITI RAHMADANI LUBIS-SKRIPSI__BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (620kB) | Request a copy
[img] Text
SKRIPSI SITI RAHMADANI LBS__BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (316kB) | Request a copy
[img] Text
SITI RAHMADANI LUBIS-SKRIPSI__BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (533kB) | Request a copy
[img] Text
SKRIPSI SITI RAHMADANI LBS__BAB 5.pdf

Download (277kB)
[img] Text
SKRIPSI SITI RAHMADANI LBS__DAPUS DAN LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan youtube Ustaz Hanan Attaki dalam pemenuhan pengetahuan akhlak remaja di Desa Danau Sijabut Kecamatan Air Batu dan untuk mengetahui motif remaja menggunakan youtube Ustaz Hanan Attaki, konten youtube yang banyak dicari dan diminati remaja serta implikasi yang dialami remaja setelah menggunakan media youtube Ustaz Hanan Attaki. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan metode pendekatan kualitatif deskriptif dan menggunakan metode pendekatan keilmuan yaitu ilmu komunikasi. Teknik yang digunakan dalam mengumpulkan data pada penelitian ini, menggunakan teknik wawancara tidak terstruktur. Hasil penelitian ini dapat ditarik kesimpulan bahwa penggunaan youtube Ustaz Hanan Attaki dalam pemenuhan pengetahuan akhlak remaja di Desa Danau Sijabut Kecamatan Air Batu pada dasarnya bermuara pada motif pemenuhan informasi dan pengetahuan tentang akhlak yang baik, dari sebelumnya tidak memahami menjadi memahami dari adanya pengetahuan akhlak yang disampaikan di media youtube, pemenuhan motif personal (diri), dan pemenuhan motif integritas dan interaksi sosial. Konten yang banyak dicari dan diminati remaja adalah konten-konten seputar akhlak, baik konten akhlak berisi pesan akhlak kepada diri sendiri, kepada orang tua, kepada orang lain, dan kepada lingkungan lainnya. Kemudian dari adanya pesan-pesan akhlak Ustaz Hanan Attaki ini berimplikasi terhadap pemenuhan pengetahuan atau kognitif remaja yang awalnya tidak tahu cara berakhlak yang baik sekarang menjadi tahu cara berakhlak yang baik. Implikasi youtube Ustaz Hanan Attaki dalam pemenuhan akhlak berhubungan dengan teori uses and affect dapat dilihat dari kebiasaan orang yang menonton yang menimbulkan sebuah effect dari apa yang dilihat, dan didengar oleh pengguna youtube.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Penggunaan Youtube, Ustaz Hanan Attaki, Pemenuhan Pengetahuan Akhlak, Remaja.
Subjects: 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.2 Da’wah Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mr Muhammad Aditya
Date Deposited: 27 Feb 2023 03:51
Last Modified: 27 Feb 2023 03:51
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/17774

Actions (login required)

View Item View Item