Pembinaan Akhlak Santriawati Di Pesantren Modern Ar-Radhatul Hasanah Paya Bundung Simpang Selayan Kecamatan Medan Tuntungan

Ramadhani, Utari (2022) Pembinaan Akhlak Santriawati Di Pesantren Modern Ar-Radhatul Hasanah Paya Bundung Simpang Selayan Kecamatan Medan Tuntungan. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
1.cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2.BAB I.pdf

Download (724kB)
[img] Text
3.BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (838kB)
[img] Text
4.BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
5.BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (658kB)
[img] Text
6.BAB V.pdf

Download (474kB)
[img] Text
7.DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB)

Abstract

Orientasi pendidikan adalah terbentuknya akhlak yang mulia sesuai dengan ajaran yang dibawa Nabi Muhammad SAW dan beliau menempatkan penyempurnaan akhlak sebagai misi pokok risalah Islam. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pembinaan akhlak, faktor pendukung dan penghambat pembinaan akhlak santriawati di Pesantren Modern Ar-Raudhatul Hasanah Paya Bundung Simpang Selayang Kecamatan Medan Tuntungan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Kualitatif dengan hasil penelitian berupa data deskriptif yang diperoleh dari berbagai sumber menggunakan pendekatan Deskriptif kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan 3 cara, yakni observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilapangan dilakukan dengan menggunakan model interaktif dari Miles and Huberman yang terdiri dari: yaitu data reduction, data display (Penyajian data), dan conclusion drawing/verification (kesimpulan). Sementara uji keabsahan data dilakukan dengan menggunakan triangulasi baik berdasarkan sumber data, teknik pengumpulan data, dan waktu penelitian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Proses pembinaan yang dilakukan oleh Pesantren Modern Ar-Raudhatul Paya Bundung Simpang Selayang Kecamatan Medan Tuntungan banyak didukung oleh aktivitas sehari-hari yang diterapkan untuk dipatuhi semua santri dan santriawati, cara ustadz/ustadzah mendidik santri dalam proses pembelajaran, dan kegiatan ekstrakulikuler. Peneliti juga menemukan faktor pendukung dan penghambat saat proses pembinaan dilaksanakan.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Akhlak, Santriwati
Subjects: 2X5 AKHLAK DAN TASAWUF > 2X5.1 Ahlak
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Studi Islam > Akidah dan Filsafat Islam > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 24 Feb 2023 08:48
Last Modified: 24 Feb 2023 08:48
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/17767

Actions (login required)

View Item View Item