Analisis Kandungan Bakteri Escherechia Coli Pada Air Sumur Di Sekitar Tempat Pembuangan Akhir (Tpa) Terjun Paya Pasir Kecamatan Medan Marelan Kota Medan

Tanjung, Laila Puspita Sari (2022) Analisis Kandungan Bakteri Escherechia Coli Pada Air Sumur Di Sekitar Tempat Pembuangan Akhir (Tpa) Terjun Paya Pasir Kecamatan Medan Marelan Kota Medan. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
COVER.pdf

Download (915kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (254kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (725kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (471kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (621kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (269kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB)

Abstract

Escherichia coli merupakan anggota flora normal usus. Bakteri ini ditemukan lebih banyak dibandingkan bakteri enterik lainnya seperti Proteus, Enterobacter, Klebsiella, Morganella, Providencia, Citrobacter, dan Serratia. Bakteri enterik tersebut umumnya tidak menyebabkan penyakit. Namun, jika timbul infeksi yang bermakna secara klinis biasanya disebabkan oleh Escherichia coli. Bakteri tersebut hanya menjadi patogen jika berada pada jaringan di luar usus tempat biasanya bakteri ini berada atau tempat lain yang jarang ditinggali oleh bakteri ini.. Tujuan umum penelitian ini adalah untuk menganalisis pencemaran bakteri ecoli pada air sumur di sekitar TPA Terjun. . Jenis penelitian ini adalah penelitian observasional dengan menggunakan pendekatan yang bersifat deskriptif yaitu untuk mengetahui gambaran kandungan bakteri ecoli yang terdapat pada air sumur dengan menggunakan uji laboratorium dengan metode Most Probable Number (MPN) pada sumur masyarakat di lingkungan TPA Terjun,Kecamatan Paya Pasir Marelan,Kota Medan. Metode yang digunakan dalam pemilihan sampel air sumur dengan Purposive sampling yang diambil dari 8 titik sampel, masing-masing sampel diambil dengan kriteria inklusi dan eksklusi. hasil pengamatan 8 sampel air sumur di Di Sekitar Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Terjun Paya Pasir Kecamatan Medan Marelan Kota Medan , terdapat 7 sampel air sumur yang melebihi ambang batas yakni sampel Air sumur 1 15 Mg/L, sampel Air sumur 2 20 Mg/L, sampel Air sumur 4 28 Mg/L, sampel Air sumur 5 21 Mg/L, sampel Air sumur 6 9 Mg/L, sampel Air sumur 7 15 Mg/L, sampel Air sumur 8 4 Mg/L,sehingga tidak memenuhi syarat Permenkes RI No. 32 Tahun 2017. Sedangkan sampel sampel Air sumur 3 0 Mg/L masih berada diambang batas dan memenuhi syarat Permenkes RI No. 32 Tahun 2017.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Air Bersih,Escherechia coli,Sumur.
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 610 Medical sciences Medicine > 614 Incidence and prevention of disease
Divisions: Fakultas Kesehatan Masyarakat > Kesehatan Masyarakat > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 24 Feb 2023 08:37
Last Modified: 24 Feb 2023 08:37
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/17765

Actions (login required)

View Item View Item