Wanprestasi Terhadap Pemanfaatan Tanah Dalam Jual Beli Tanah Angsuran Di Desa Paringgonan Kecamatan Ulu Barumun Kabupaten Padang Lawas (Menurut Mazhab Syafi’i)

Nasution, Khoirunnisa (2022) Wanprestasi Terhadap Pemanfaatan Tanah Dalam Jual Beli Tanah Angsuran Di Desa Paringgonan Kecamatan Ulu Barumun Kabupaten Padang Lawas (Menurut Mazhab Syafi’i). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Bab I.pdf

Download (409kB)
[img] Text
Bab II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (481kB) | Request a copy
[img] Text
Bab III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (249kB) | Request a copy
[img] Text
Bab IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (478kB) | Request a copy
[img] Text
Bab V.pdf

Download (228kB)
[img] Text
Daftar pustaka.pdf

Download (1MB)

Abstract

Jual beli adalah suatu akad yang mengandung tukar menukar harta dengan harta dengan cara tertentu untuk memperoleh kepemilikan atas benda atau manfaat untuk waktu selamanya. Adapun permasalahan yang hendak diangkat dalam penelitian ini adalah di Desa Paringgonan ada beberapa pembeli memanfaatkan tanah dalam jual beli cicilan tanah dengan cara pelunasan yang berbeda, satu pembeli mencicil tanah tanpa uang panjar dan satu pembeli dengan menggunakan uang panjar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana praktek pemanfaatan tanah dalam jual beli cicilan tanah di Desa Paringgonan dan pandangan Mazhab Syafi’i terhadap pemanfaatan tanah dalam jual beli cicilan tanah. Untuk mengetahui jawaban dari permasalahan di atas, studi ini diarahkan pada penelitian lapangan dan penelitian kepustakaan. Penulis mengambil lokasi data di Desa Paringgonan Kecamatan Ulu Barumun Kabupaten Padang Lawas, jenis penelitian yang digunakan adalah yuridis normatif yaitu meneliti ke lapangan dengan sistem wawancara kepada para pihak yang dikaji atas materi hukum. Selanjutnya penelitian ini juga menggunakan penelitian library research, yaitu mengambil rujukan dari kitab-kitab yang bersangkutan dengan penelitian ini. Berdasarkanhasil wawancara yang ditemukan penulis di lapangan jual beli cicilan tanah di Desa Paringgonan Kecamatan Ulu Barumun Kabupaten Padang Lawas tidak sesuai dengan syarat jual beli menurut mazhab syafi’i, karena mazhab syafi’i mendefenisikan bahwa jual beli menurut syara’ adalah suatu akad yang mengandung tukar menukar harta dengan harta dengan cara tertentu, dan para ulama memperbolehkan jual beli yang ditangguhkan dengan syarat jelas adanya batas waktu dan besar kecilnya cicilan dijelaskan dan menyarankan untuk menuliskannya. Sedangkan di Desa Paringgonan Kecamatan Ulu Barumun Kabupaten Padang Lawas dalam melakukan akad jual beli tersebut tidak dituliskan, hanya sebatas pemberian kwitansi sebagai bukti pembayaran uang muka/cicilan sehingga terjadi perselisihan antara si penjual dan si pembeli yang merugikan salah satu pihak.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Wanprestasi, Pemanfaatan, Tanah, Jual-beli, Imam syafi’i.
Subjects: 300 Social sciences > 340 Law
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Muamalah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mr Muhammad Aditya
Date Deposited: 24 Feb 2023 05:06
Last Modified: 24 Feb 2023 05:06
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/17745

Actions (login required)

View Item View Item