Perspektif Tokoh Agama dan Tokoh Masyarakat Islam dan Kristen Tentang Fanatisme di Kecamatan Pandan Kabupaten Tapanuli Tengah

Hutabarat, Richa Ardelila (2022) Perspektif Tokoh Agama dan Tokoh Masyarakat Islam dan Kristen Tentang Fanatisme di Kecamatan Pandan Kabupaten Tapanuli Tengah. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
Cover dan Lainnya 1.pdf

Download (993kB)
[img] Text
BAB I 1.pdf

Download (352kB)
[img] Text
BAB II 1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (159kB)
[img] Text
BAB III 1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (409kB)
[img] Text
BAB IV 1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (224kB)
[img] Text
BAB V 1.pdf

Download (126kB)
[img] Text
Daftar Pustaka dan lampiran.pdf

Download (970kB)

Abstract

Fanatisme merupakan paham atau perilaku yang menunjukkan ketertarikan terhadap sesuatu secara berlebihan. Fanatisme menjadi hal yang menarik untuk dibicarakan karena menyangkut pemahaman ideologi dan rasa memiliki seseorang terhadap suatu pemahaman. Menyangkut hal tersebut fanatisme terhadap agama menjadi fokus penting dalam penelitian ini. Yang dibahas adalah fanatisme dalam perspektif agama Islam maupun agama Kristen. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, yang mana dapat mendeskripsikan serta mengembangkan konsep-konsep dari sikap fanatisme terhadap agama di lingkungan penelitian. Penelitian ini menggunakan pendekatan sosiologi, sedangkan teori pendekatannya adalah teori interaksi sosial, yang menjelaskan suatu hubungan antara dua individu atau lebih, di mana kelakuan individu mempengaruhi, mengubah, atau memperbaiki kelakuan individu yang lain atau sebaliknya. Tujuan dilaksanakannya penelitian untuk mengetahui bagaimana perspektif para tokoh agama dan tokoh masyarakat Islam dan Kristen mengenai Fanatisme terhadap agama di lingkungan penelitian. Penelitian ini sebagian besar menggambarkan bagaimana sebuah paham dalam diri seseorang akan menentukan tindakan, karakter, dan pola pikir. Adapun kegunaan praktis bagi peneliti adalah untuk melatih berpikir kritis dan mengamati fenomena yang ada di lapangan sehingga mampu menganalisis dan memberikan solusi dan memecah masalah berdasarkan teori yang sudah didapat serta upaya menempatkan kebenaran pada proporsinya yang tepat. Dari penelitian ini mendapatkan hasil bahwa, terhadap keadaan lingkungan sosial masyarakat heterogen bukan suatu hal yang menjadi celah perpecahan atau permusuhan akibat sisi negatif yang dapat ditimbulkan dari fanatisme agama sehingga menimbulkan egoisme kepada individu atau suatu kelompok. Namun, fanatisme agama yang tampak lebih mengarah ke arah positif atau menyatakan ketaatan dalam beragama. Dengan saling menghargai serta menghormati agama serta pandangan satu sama lain maka terciptalah lingkungan sosial aman, damai, dan sejahtera ditengah-tengah perbedaan yang ada.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 2X6 SOSIAL DAN BUDAYA
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Studi Islam > Studi Agama-Agama > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 23 Feb 2023 06:27
Last Modified: 23 Feb 2023 06:27
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/17724

Actions (login required)

View Item View Item