Analisis Kunjungan Posyandu Balita Sebelum Dan Pada Masa Pandemi COVID-19 Di Desa Tanjung Putus Kecamatan Pegajahan Kabupaten Serdang Bedagai

Sitio, Rika Nurmalasari (2022) Analisis Kunjungan Posyandu Balita Sebelum Dan Pada Masa Pandemi COVID-19 Di Desa Tanjung Putus Kecamatan Pegajahan Kabupaten Serdang Bedagai. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
RIKA NURMALASARI SITIO-1.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (842kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (619kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (6MB)

Abstract

Posyandu dikenal sebagai pusat pelayanan kesehatan dasar khususnya bagi balita. Kementerian Kesehatan menunjukkan bahwa Indonesia memiliki 298.058 Pos pelayanan terpadu (Posyandu), tetapi hanya 65,42% yang aktif dan belum mencapai target nasional yaitu 80%. Cakupan diperkirakan turun karena sebagian besar kegiatan Posyandu dihentikan selama pandemi Kini Posyandu dituntut untuk mampu menyediakan informasi kesehatan secara lengkap sehingga menjadi sentra kegiatan kesehatan masyarakat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran kunjungan Posyandu balita sebelum dan pada masa pandemi COVID-19 di desa Tanjung Putus Kabupaten Serdang Bedagai. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dalam penelitian ini dengan menggunakan teknik wawancara secara mendalam dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kunjungan Balita ke Posyandu di Desa Tanjung Putus pada masa pandemi Covid-19 mengalami penurunan secara drastis yaitu mulai dari 85% menjadi 14,5% serta terdapat tiga faktor yang mempengaruhi kunjungan Balita ke Posyandu antara lain faktor pertama yaitu presdiposisi yang meliputi pengetahuan, pekerjaan Ibu dan pendidikan ibu. Kedua, faktor pendukung meliputi jarak posyandu, keterjangkauan fasilitas, peran kader dan peran tenaga kesehatan. Ketiga, faktor pendorong yang meliputi dukungan keluarga. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu hal yang menyebabkan menurunnya pastisipasi Ibu balita dalam melaksanakan kegiatan Posyandu di masa pandemi Covid-19 yaitu disebabkan oleh kekhawatiran Ibu balita terkait wabah Covid-19 dan rendahnya kepercayaan Ibu balita kepada petugas kesehatan dan kader. Saran pada penelitian ini yaitu petugas kesehatan ataupun kader diharapkan supaya dapat meningkatkan kinerjanya dan diharapkan dapat Menyusun strategi yang efektif supaya mampu mendapatkan kepercayaan masyarakat khusunya Ibu balita agar bersedia ikut serta dalam kegiatan Posyandu.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Posyandu, pandemi COVID-19
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 610 Medical sciences Medicine > 614 Incidence and prevention of disease
Divisions: Fakultas Kesehatan Masyarakat > Kesehatan Masyarakat > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 22 Feb 2023 07:38
Last Modified: 22 Feb 2023 07:38
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/17676

Actions (login required)

View Item View Item