Analisis Manajemen Program Imunisasi Dalam Pencapaian Cakupan Universal Child Immunization (UCI) Di Puskesmas Binjai Kota Kota Binjai Tahun 2021

Indriani, Ayu (2022) Analisis Manajemen Program Imunisasi Dalam Pencapaian Cakupan Universal Child Immunization (UCI) Di Puskesmas Binjai Kota Kota Binjai Tahun 2021. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
COVER.pdf

Download (740kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (216kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (662kB)
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (197kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (847kB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (187kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Latar Belakang: Universal Child Imunization (UCI) salah satu indikator keberhasilan program imunisasi yang diberikan oleh Kementerian Kesehatan dalam Gerakan Akselerasi Imunisasi Nasional UCI 2010-2014 dengan harapan seluruh bayi yang berusia 0-11 bulan mendapatkan imunisasi dasar lengkap. Berdasarkan Profil Kesehatan Provinsi Sumatera Utara tahun 2018, Kota Binjai menjadi Kota yang paling terendah dengan pencapaian cakupan hanya (8,11%). Kota Binjai memiliki 8 Puskesmas dan berdasarkan data dari Dinas Kesehatan Kota Binjai, Puskesmas Binjai Kota memiliki data cakupan Imunisasi Dasar Lengkap paling rendah selama 4 tahun terakhir. Pencapaian UCI di Puskesmas Binjai Kota sebesar 9% kondisi ini masih dibawah target yang ditetapkan Pemerintah Sumatera Utara yaitu minimal 80%. Tujuan Penelitian: untuk menganalisis manajemen program imunisasi dalam pencapaian cakupan UCI di Puskesmas Binjai Kota Kota Binjai Tahun 2021. Metode Penelitian: Jenis peneltian ini Kualitatif dengan Pendekatan Deskriptif. Data diperoleh dari hasil wawancara mendalam dengan 10 orang sebagai informan. Hasil: Penelitian dilaksanakan di Puskesmas Binjai Kota pada sumber daya manusia yang belum mencukupi, sarana dan prasarana belum memadai, perencanaan jumlah sasaran dan target cakupan tidak dilakukan oleh Puskesmas Binjai Kota melainkan oleh Dinas Kesehatan dan kurangnya partisipasi serta kesadaran masyarakat untuk membawa anaknya imunisasi, sehingga pencapaian cakupan UCI di Puskesmas Binjai Kota tidak mencapai target, sehingga kegiatan imunisasi di Puskesmas Binjai Kota belum sepenuhnya dapat dikatakan secara maksimal. Saran: Meningkatkan promosi kesehatan, melengkapi sarana dan prasarana di posyandu, menyediakan pelatihan khusus untuk tenaga kesehatan yang terkait dan para kader, pelaporan kegiatan imunisasi dilakukan selambat-lambatnya tanggal 5 pada bulan berikutnya.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Manajemen, Program, Imunisasi
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 610 Medical sciences Medicine > 614 Incidence and prevention of disease
Divisions: Fakultas Kesehatan Masyarakat > Kesehatan Masyarakat > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 22 Feb 2023 06:50
Last Modified: 22 Feb 2023 06:50
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/17670

Actions (login required)

View Item View Item