Pengaruh Pengetahuan Dan Sikap Terhadap Pengelolaan Sampah Rumah Tangga Di Desa Narigunung 1 Kecamatan Tiganderket Kabupaten Karo

Bangun, Claudya Agita Br (2022) Pengaruh Pengetahuan Dan Sikap Terhadap Pengelolaan Sampah Rumah Tangga Di Desa Narigunung 1 Kecamatan Tiganderket Kabupaten Karo. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
Cover, Abstrak, Dll-Skripsi Claudya Agita Br Bangun.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (433kB)
[img] Text
BAB II (1).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (771kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III (1).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (556kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV (1).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (352kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V (1).pdf

Download (309kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA & LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Sampah adalah zat sisa suatu usaha ataupun kegiatan manusia yang berupa zat padat dan cair (dapat terurai dan tidak terurai). Masalah sampah rumah tangga juga masalah yang mana sangat erat kaitannya dengan kehidupan manusia dan sering juga kita temui dalam kehidupan sehari-hari. Namun banyak sekali kita jumpai di daerah dataran tinggi masi banyak yang belum melakukan pembilahan sampah walaupun banyak dari mereka yang tau dampak sampah pada kesehatan. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah pengaruh pengetahuan dan sikap terhadap pengelolaan sampah rumah tangga di dalam masyarakat. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh pengetahuan dan sikap masyarakat dalam pengelolaan sampah rumah tangga di desa Narigunung 1. Jenis penelitian ini adalah survei analitik dengan pendekatan cross sectional. Populasi penelitian adalah rumah penduduk yang berada di desa Narigunung 1 dengan jumlah 150 rumah dan besar sampelnya hanya 90 rumah. Teknik sampling yang digunakan yaitu Simple Random Sampling. Pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner dan observasi. Analisis data yang digunakan yatu analisis Univariat dan Bivariat dengan menggunakan uji Chi Square. Hasil Uji Chi Square menunjukkan adanya pengaruh antara pengetahuan dengan pengelolaan sampah rumah tangga dengan nilai p value 0,000 (<0,05), dan sikap juga menunjukkan adanya pengaruh dengan pengelolaan sampah rumah tangga dengan nilai p value 0,000 (<0,05). Dari hasil penelitian yang sudah dilakukan dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh antara pengetahuan dan sikap dengan pengelolaan sampah rumah tangga.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pengetahuan, Sikap, Pengelolaan, Sampah
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 610 Medical sciences Medicine > 613 Personal Health & Safety
Divisions: Fakultas Kesehatan Masyarakat > Kesehatan Masyarakat > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mr Muhammad Aditya
Date Deposited: 20 Feb 2023 04:36
Last Modified: 20 Feb 2023 04:36
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/17584

Actions (login required)

View Item View Item