Kebijakan Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Mutu Layanan Administrasi di MAN 1 Deli Serdang

Pratiwi, Sindi (2022) Kebijakan Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Mutu Layanan Administrasi di MAN 1 Deli Serdang. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
1667986910883_COVER TIWI.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (682kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (793kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (381kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui mutu layanan administrasi, kebijakan kepala madrasah dalam meningkatkan mutu layanan adminstrasi, dan faktor pendukung dan penghambat dalam meningkatkan mutu layanan administrasi di MAN 1 Deli Serdang. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan grounded theory. Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah kepala madrasah MAN 1 Deli Serdang, wakil kepala bidang kurikulum, wakil kepala bidang kesiswaan, wakil kepala bidang sarana dan prasarana, wakil kepala bidang hubungan masyarakat, kepala tata usaha, dan petugas tata usaha. Teknik yang digunakan dalam mengumpulkan data yaitu teknik observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis data dari Miles dan Huberman meliputi: reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan. Dan penjamin keabsahan data dalam penelitian ini yaitu creadibility, transferability, dependability, dan confirmability. Hasil temuan ini menunjukkan bahwa: 1). Peran dari seluruh tenaga administrasi sekolah sangat besar untuk dapat menciptakan layanan administrasi yang bermutu di MAN 1 Deli Serdang. Tenaga administrasi di MAN 1 Deli Serdang juga bekerja sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya masing-masing serta menjalin kerjasama dengan seluruh masyarakat sekolah baik itu guru, siswa, orang tua dan orang-orang yang berada dalam lingkungan sekolah untuk menciptakan hubungan yang baik agar mutu layanan administrasi dapat dilaksanakan secara efektif dan efisien. 2). Kebijakan kepala madrasah dalam upaya meningkatkan mutu layanan administrasi di sekolah yaitu, melaksanakan rapat koordinasi secaran berkala dalam upaya mengevaluasi kinerja staff dalam melaksanakan tugasnya, memberikan memberikan reward kepada staff yang bekerja dengan baik benar, dan memberikan punishment (secara bertahap) apabila kinerja staff menurun. 3). Keberhasilan suatu pelaksanaan kebijakan sangat dipengaruhi oleh seberapa besar dukungan yang ada untuk mendukung seluruh program dan kegiatan. Dukungan dalam pelaksanaan kebijakan kepala madrasah dalam meningkatkan mutu layanan administrasi di MAN 1 Deli Serdang adalah sarana dan prasarana yang sudah baik, dan staff pimpinan (wakil kepala madrasah dan ketua tata usaha) yang bekerja secara team work. Sedangkan faktor penghambat dalam meningkatkan mutu layanan administrasi di sekolah ini yaitu, beberapa dari tenaga kependidikan (staff) dan tenaga pendidik (guru) kurang memahami tupoksi (tugas pokok dan fungsinya), dan belum memahami tentang lima budaya kerja yang dicanangkan oleh Kementerian Agama, kurangnya tenaga administrasi, dan masalah pendanaan. Kebijakan kepala madrasah dalam meningkatkan mutu layanan administrasi di MAN 1 Deli Serdang dapat diperoleh dari hasil kerjasama seluruh masyarakat sekolah yang bekerja perannya sesuai dengan tugas dan fungsinya masing-masing.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kebijakan Kepala Madrasah, Mutu Layanan Administrasi
Subjects: 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam > 2X7.33 Tingkat stanawiyah dan ‘aliyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 20 Feb 2023 03:45
Last Modified: 20 Feb 2023 03:45
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/17577

Actions (login required)

View Item View Item