Analisis Pengembangan Pariwisata Terhadap Sosial Ekonomi Masyarakat Dalam Perspektif Ekonomi Islam (Studi pada Wisata Sawah Pematang Johar Kecamatan Labuhan Deli Kabupaten Deli Serdang)

Alamsyah, Muhammad Khairul (2020) Analisis Pengembangan Pariwisata Terhadap Sosial Ekonomi Masyarakat Dalam Perspektif Ekonomi Islam (Studi pada Wisata Sawah Pematang Johar Kecamatan Labuhan Deli Kabupaten Deli Serdang). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
1. COVER..pdf

Download (701kB)
[img] Text
BAB I-1.pdf

Download (325kB)
[img] Text
BAB II-1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (731kB)
[img] Text
BAB III-1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (352kB)
[img] Text
BAB IV-1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (364kB)
[img] Text
BAB V-1.pdf

Download (206kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA-1.pdf

Download (209kB)

Abstract

Sektor pariwisata adalah salah satu penyumbang terbesar untuk perekonomian di Indonesia, Negara yang kaya sumber daya dan keindahan alamnya. Pada hakikatnya pariwisata juga berdampak pada sosial dan ekonomi masyarakat yang tinggal di daerah kawasan wisata. Penelitian ini bertujuan: 1. Untuk mengetahui Dampak Sosial Masyarakat Setelah Keberadaan Kawasan Wisata Sawah Pematang Johar Kecamatan Labuhan Deli Kabupaten Deli Serdang, 2. Untuk mengetahui Dampak Ekonomi Masyarakat Setelah Keberadaan Kawasan Wisata. 3. Untuk mengetahui Pandangan Ekonomi Islam Terhadap Sektor Pariwisata. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan memperoleh data dari hasil wawancara, observasi dan sebagian data diambil dari website resmi Deli Serdang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Dampak sosial positif yang diinginkan adalah masyarakat sekitar dapat berinteraksi dengan pengunjung dari luar daerah. Dan dampak sosial negatif yaitu adanya perilaku dari wisatawan yang dapat mempengaruhi perilaku masyarakat. Selain itu perubahan mata pencaharian masyarakat yang ketika tidak musim panen dapat diganti dengan berdagang di lokasi wisata sawah Pematang Johar, serta menjadikan masyarakat dan generasi muda lebih kreatif dan memiliki kegiatan positif. Dampak pada aspek ekonomi. Dengan banyaknya pengunjung yang datang, barang dagangan pedagang pun ikut laku terjual yang dampaknya akan meningkatkan pendapatan ekonomi masyarakat.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Dampak Sosial, Ekonomi, Ekonomi Islam, Pariwisata.
Subjects: 2X6 SOSIAL DAN BUDAYA > 2X6.3 Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 20 Feb 2023 03:40
Last Modified: 20 Feb 2023 03:40
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/17576

Actions (login required)

View Item View Item