Eksistensi Manusia Sebagai Khalifah Dalam Pergerakan Environmentalist (Analisis Penafsiran M. Quraish Shihab Terhadap Surah Al-Baqarah Ayat 30 Dalam Tafsir Al-Misbah)

Anggita, Dini (2022) Eksistensi Manusia Sebagai Khalifah Dalam Pergerakan Environmentalist (Analisis Penafsiran M. Quraish Shihab Terhadap Surah Al-Baqarah Ayat 30 Dalam Tafsir Al-Misbah). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
COVER dini anggita.pdf

Download (879kB)
[img] Text
BAB I dini anggita.pdf

Download (960kB)
[img] Text
BAB II dini anggita.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (972kB)
[img] Text
BAB III dini anggita.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (781kB)
[img] Text
BAB IV dini anggita.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (987kB)
[img] Text
BAB V dini anggita.pdf

Download (217kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA dini anggita.pdf

Download (1MB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang Eksistensi Manusia Sebagai Khalifah Dalam Pergerakan Environmentalist (Analisis Penafsiran M. Quraish Shihab Terhadap Surah Al-Baqarah Ayat 30 Dalam Tafsir Al-Misbah). Bagaimana hakikat Environmentalist dalam Alquran? Bagaimana pendapat M. Quraish Shihab terhadap Alquran Surah Al-Baqarah Ayat 30, mengenai Khalifah dalam Pergerakan Environmentalist? Kontriusi Tafsir Al-Misbah M. Quraish shihab tentang Environmentalist bagi umat islam? Penelitian ini adalah kualitatif yang bersifat kepustakaan (library research), yaitu penelitian yang menggunakan buku-buku sebagai sumber datanya. Dalam hal ini penulis berupaya mendokumentasikan, mengumpulkan, menyeleksi dan menyimpulkan dari kata-kata yang tersedia, baik berupa buku maupun karya ilmiah yang berkaitan dengan penelitian ini. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui, mencermati dan mengamalkan petunjuk Alquran bahwa manusia sebagai khalifah dalam pergerakan environmentalisme, sebuah wadah bagi pembangunan dalam menjaga alam terutama pada lingkungan hidup. Hasil penelitian menyatakan bahwa, kurangnya kesadaran diri dan kurangnya kerjasama antar Lembaga untuk tetap menjaga kelestari lingkungan hidup agar tetap seimbang untuk generasi mendatang. Dimana peningkatan suhu akibat pemanasan global makin meningkat.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Eksistensi, Khalifah, Pergerakan dan Environmentalist
Subjects: 2X1 AL QURAN DAN ILMU TERKAIT > 2X1.3 Tafsir Al-Quran
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Studi Islam > Ilmu Al-quran dan Tafsir > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 20 Feb 2023 03:14
Last Modified: 20 Feb 2023 03:14
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/17571

Actions (login required)

View Item View Item