Hubungan Sanitasi Jamban Dan Karakteristik Individu Dengan Perilaku Buang Air Besar Sembarangan di Desa Muara Bangko Kabupaten Mandailing Natal

Sandi, Paradiba (2022) Hubungan Sanitasi Jamban Dan Karakteristik Individu Dengan Perilaku Buang Air Besar Sembarangan di Desa Muara Bangko Kabupaten Mandailing Natal. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
COVER-1.pdf

Download (459kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (233kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (523kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (496kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (707kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (207kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB)

Abstract

Hasil data World Health Organization (WHO) tahun 2014 penduduk yang Buang Air Besar Sembarangan (BABS) Indonesia sebagai negara kedua terbanyak ditemukan masyarakat buang air besar di area terbuk yaitu Indonesia (12,9%). Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan sanitasi jamban dan karakteristik individu dengan perilaku buang air besar sembarangan. Penelitian ini menggunakan data primer yang diperoleh dari responden masyarakat di Desa Muara Bangko dan data sekunder yang diperoleh dari Puskesmas Manisak serta Kantor Kepala Desa Muara Bangko. Sample penelitian ini sebanyak 109 responden dengan analisa data menggunakan chi-square. Hasil analisis statistic menunjukkan bahwa ada hubungan yang bermakna antara umur dengan perilaku buang air besar sembarangan (p-value= 0,000), jenis kelamin dengan perilaku buang air besar sembarangan (p- value = 0,009), pendidikan dengan perilaku buang air besar sembarangan (p-value= 0,000), pekerjaan dengan perilaku buang air besar sembarangan (p-value= 0,030), pendapatan (p-value= 0,000), pengetahuan dengan perilaku buang air besar sembarangan (p-value= 0,000), sikap dengan perilaku buang air besar sembarangan (p-value= 0,000) dan tindakan dengan perilaku buang air besar sembarangan (p-value= 0,000). Disarankan agar masyarakat mengubah perilaku buang air besar sembarangan dengan cara antara lain membangun jamban sehat dan meningkatkan pengetahuan tentang pemanfaatan jamban sehat serta dampak dari perilaku buang air besar sembarangan.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Sanitasi jamban, Karakteristik individu, Perilaku buang air besar sembarangan
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 610 Medical sciences Medicine > 614 Incidence and prevention of disease
Divisions: Fakultas Kesehatan Masyarakat > Kesehatan Masyarakat > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 17 Feb 2023 05:26
Last Modified: 17 Feb 2023 05:26
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/17548

Actions (login required)

View Item View Item