Konsep Penyucian Jiwa (Tazkiyah An- Nafs ) Dalam Pandangan Syaikh Islam Ibn Taimiyyah ( Penafsiran Terhadap Surah Asy-Syams 7-10)

MTD, Syaza El- Millah (2022) Konsep Penyucian Jiwa (Tazkiyah An- Nafs ) Dalam Pandangan Syaikh Islam Ibn Taimiyyah ( Penafsiran Terhadap Surah Asy-Syams 7-10). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
sampul perangkat lux pdf.pdf

Download (638kB)
[img] Text
BAB I lux watermark.pdf

Download (426kB)
[img] Text
BAB II lux watermark.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (367kB)
[img] Text
BAB III lux watermark.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (600kB)
[img] Text
BAB IV lux watermark.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (533kB)
[img] Text
BAB V lux. watermark docx.pdf

Download (133kB)
[img] Text
daftra pustaka watermark.pdf

Download (188kB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang Konsep Penyucian Jiwa (Tazkiyah an-Nafs) Dalam Pandangan Syaikh Islam Ibn Taimiyah (Penafsiran Terhadap Surah As-Syams 7-10). Masalah yang menjadi fokus penelitian skripsi ini adalah keunikan penafsiran tokoh ini dalam sejumlah karyanya dibanding dengan tokoh-tokoh sufisme di dalam Islam. Karena itulah penulis mengangkatnya menjadi sebuah penelitian ilmiah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif analitis dengan menggunakan kitab tafsir, serta kitab yang membahas tazkiyah an-nafs yang ditulis oleh Syaikh Islam Ibnu Taimiyyah sebagai sumber data primer. Sebagai data pendukung dan komparasi, penulis menghadirkan karya-karya ulama yang lain dalam skirpsi ini. Konstruksi penafsiran Syaikh Islam Ibn Taimiyah di dalam sejumlah karyanya terhadap surah asy-Syams ayat 7 sampai 10 dibangun di atas manhaj tersendiri. Manhaj tersebut adalah 1. Memperkukuh keimanan dan tauhid. 2. Mengikut Sunnah Nabi sallallahu `alihi wa sallam. 3. Melakukan semua apapun yang difardukan, diwajibkan, dan disunnahkan oleh pembuat syariat serta meninggalkan semua yang dilarang syariat. Urgensitas penafsiran Syaikh Islam Ibn Taimiyah terhadap surah asy-Syams diasaskan pada penafsiran bi al-ma`tsur. Sehingga, penafsiran tersebut mendapat legitimasi sejarah dan nash. Ia tidak hanya mendasari penafsirannya terhadap surah asy-Syams dengan tafsir bi al-ma`tsur tetapi ia tetap melakukan penalaran dan elaborasi makna untuk menjelaskan pesan yang dikandung ayat al-Qur`an tersebut. Signifikansi penafsiran Syaikh Islam Ibn Taimiyah tersebut terletak pada kedudukan penefsiran ini yang dapat dijadikan sebagai pedoman untuk meperkuat ketakwaan. Sehingga, seseorang tidak keluar dari ajaran yang ditetapkan syariat Islam.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Tazkiyah an- Nafs, Ibn Taimiyyah, Al-Qur’an, Tafsi
Subjects: 2X1 AL QURAN DAN ILMU TERKAIT > 2X1.1 Ilmu-ilmu Al-Quran
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Studi Islam > Ilmu Al-quran dan Tafsir > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 17 Feb 2023 05:12
Last Modified: 17 Feb 2023 05:12
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/17545

Actions (login required)

View Item View Item