Kearifan Lokal Masyarakat Mandailing Natal Tentang Filosofi “Negeri beradat Taat Beribadah” dan Relevansinya Terhadap Masyarakat Mandailing Natal

Yuliani, Yuliani (2022) Kearifan Lokal Masyarakat Mandailing Natal Tentang Filosofi “Negeri beradat Taat Beribadah” dan Relevansinya Terhadap Masyarakat Mandailing Natal. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I (3) (1).pdf

Download (496kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (810kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (447kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (490kB)
[img] Text
BAB V (1).pdf

Download (263kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA (1).pdf

Download (750kB)

Abstract

Penelitian ini berjudul Kearifan Lokal Masyarakat Mandailing Natal Tentang Filosofi “Negeri beradat Taat Beribadah” dan Relevansinya Terhadap Masyarakat Mandailing Natal. Memperkenalkan kearifan lokal di tengah masyarakat pada saat ini tidaklah mudah, ditambah pada zaman sekarang ini di era teknologi yang semakin berkembang membuat nilai-nilai budaya, nilai-nilai sosial, nilai-nilai semboyan dari negeri beradat taat beribadah serta nilai keagamaan hilang dari pandangan masyarakat. Budaya-budaya baru yang berkembang saat ini sudah tak terhitung lagi karena derasnya arus informasi yang mengglobal hingga ke pelosok daerah. Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu berupaya untuk menjelaskan apa yang melatar belakangi Kearifan Lokal Masyarakat Mandailing Natal serta Filosofi Negeri beradadt Taat Beribah dalam mensosialisasikan kepada masyarakat, bagaimana peran dari semboyan tersebut. Metodologi yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Data dikumpul melalui hasil wawancara, observasi dan komumentasi. Analisis data yang dilakukan dengan menggunakan teknik analisis deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa Pemerintahan Kabupaten Mandailing Natal berupaya menjaga nilai-nilai budaya kearifan lokal, adat istiadat dengan menguatkan pendekatan seni budaya Mandailing yang bersifat islami, membangun tempat wisata budaya lokal yang islami dan membangun masyarakat Mandailing Natal menjadi masyarakat yang islami. Yang sesuai dengan falsafah Mandailing Natal yaitu Negeri Beradat Taat Beribadah.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kearifan Lokal Mandailing Natal, Filosofi Negeri Beradat Taat Beribadah
Subjects: 2X0 ISLAM (UMUM) > 2X0.001 3 Islam dan Kemanusiaan
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Studi Islam > Akidah dan Filsafat Islam > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 17 Feb 2023 03:38
Last Modified: 17 Feb 2023 03:38
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/17527

Actions (login required)

View Item View Item