Peran Pemuda Pancasila Dalam menanamkan Sikap Nasionalisme Terhadap masyarakat Kelurahan Pidoli Dolok Kecamatan Panyabungan Kabupaten Mandailing Natal

Siregar, Fitri Yani (2022) Peran Pemuda Pancasila Dalam menanamkan Sikap Nasionalisme Terhadap masyarakat Kelurahan Pidoli Dolok Kecamatan Panyabungan Kabupaten Mandailing Natal. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
1. COVER & DAfTAR .pdf

Download (636kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (292kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (518kB)
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (161kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (370kB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (122kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA & LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Rasa Nasionalisme dikehidupan bermasyarakat kini semakin memudar. Lunturnya nasionalisme ini tentunya didasari oleh beberapa faktor, yaitu faktor luar dan faktor dalam. Dari persoalan tersebut, bahwa ormas-ormas yang ada di Kelurahan Pidoli Dolok khususnya kepengurusan didalam Organisasi Masyarakat Pemuda Pancasila menjadi contoh di masyarakat terhadap nilai-nilai nasionalisme. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan, dengan pendekatan Kualitatif. Peran pemuda pancasila dalam menanamkan sikap nasionalisme dalam mengumpulkan data penelitian menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi dengan menggunakan informan sebagai sumber informasi. Maka dari itu di tarik kesimpulan Pemuda Pancasila merupakan salah satu organisasi kemasyarakatan yang mana menyerap aspirasi pemuda untuk memperjuangkan serta melakukan kegiatan-kegiatan berdasrkan program nyata, sesuai dengan keahlian ataupun keterampilan, dan fungsinya di masyarakat. Dimana mereka juga ikut berperan dalam kegiatan-kegiatan untuk mewujudkan pembangunan khususnya di Kelurahan Pidoli Dolok yang lebih baik lagi. Adapun Program kerja yang dilaksanakan dalam kegiatan yang terkait dengan nasionalisme yaitu kegiatan seperti gotong royong agar setiap warga saling mengenal dan bekerja sama agar tercipatnya keharmonisan antar warga, kemudian pada saat pemilu Pemuda Pancasila mengawasi dan mengamankan jalanya pemilu agar tidak ada kericuhan. Dan juga berperan dalam upacara dan memeriahkan hari kemerdekaan 17 Agustus 1945. Meningkatkan sikap nasionalisme yang mengandung prinsip- prinsip kebersamaan, persatuan dan kesatuan.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Peranan, Pemuda Pancasila, Nasionalisme, Masyarakat.
Subjects: 300 Social sciences > 360 Social services; association
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Studi Islam > Pemikiran Politik Islam > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 16 Feb 2023 08:09
Last Modified: 16 Feb 2023 08:09
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/17516

Actions (login required)

View Item View Item