Budaya Politik Masyarakat Dalam Pemilihan Kepala Desa (Studi Kasus Desa Aek Hitetoras Kecamatan Marbau Kabupaten Labuhanbatu Utara Tahun 2019)

Isda, Dillah Paramitha (2022) Budaya Politik Masyarakat Dalam Pemilihan Kepala Desa (Studi Kasus Desa Aek Hitetoras Kecamatan Marbau Kabupaten Labuhanbatu Utara Tahun 2019). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
cover (3).pdf

Download (566kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (312kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (251kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (440kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (459kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (194kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA (1).pdf

Download (712kB)

Abstract

Peran suku dan peran pemuda dalam pemilihan kepala Desa di Desa Aek Hitetoras bahwa politik etnisitas memiliki pengaruh yang besar dalam setiap pilkades di desa Aek Hitetoras, dan mempunyai strategi kemenangan masingmasing calon kepala desa, yaitu tindakan manipulasi dan mobilisasi, dominasi sosial dan solidaritas politik. Fokus penelitian ini adalah peran suku dan pemuda dalam partisipasim pada pemilihan Kepala Desa tahun 2019. Adapun metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian kualitatif yang bersifat deskriftif dengan jenis penelitian fenomenologis (Penulis turun langsung kelapangan melihat fenomena yang terjadi dilapangan). Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa peran politik etnisitas di desa Aek Hitetoras acap kali dijadikan jargon oleh masing-masing kontestan sebagai basis mencapai kekuasaan atau jabatan kepala desa. Strategi ini dinilai sukses dengan melihat kondisi masyarakat desa Aek Hitetoras yang multi etnis kemudian dimanfaatkan sebagai basis dalam menjaring massa. Strategiyang metodologis dan sistem akhirnya kecenderungan masyarakat dalam memilih kepala desa adalah didasarkan pada kesamaan etnis dengan masing- masing calon kepala desa. Diharapkan kepada pihak masyarakat jangan menerima politik yang tidak mendidik, gunakan rasionalitas dalam menjatuhkan pilihan pada calon kepala desa. Pahami visi misi dan programnya bukan membiarkan apalagi memilih dengan mengedepankan kesamaan ideologis atau etnis serta diharapkan kepada panitia pengawas pemilu harus pro aktif terhadap politisasi etnis dalam materi kampanye masing-masing calon. Berikan aturan dan sanksi tegas terhadap calon-calon yang melanggar aturan dalam berkampanye.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Politik, Etnisitas, Masyarakat
Subjects: 300 Social sciences > 320 Political science
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Studi Islam > Pemikiran Politik Islam > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 15 Feb 2023 04:27
Last Modified: 15 Feb 2023 04:27
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/17469

Actions (login required)

View Item View Item