Implikasi Hadis Akidah Dalam Kehidupan ( Studi Pemahaman Hadis Iman Kepada Allah Dan Hari Akhir Pada Remaja Islam Era Millenial Di Kelurahan Pulo Brayan Darat II Kecamatan Medan Timur

Mutia, Sri Etika (2022) Implikasi Hadis Akidah Dalam Kehidupan ( Studi Pemahaman Hadis Iman Kepada Allah Dan Hari Akhir Pada Remaja Islam Era Millenial Di Kelurahan Pulo Brayan Darat II Kecamatan Medan Timur. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
Cover, pengesahan, persetujuan, riwayat hidup.pdf

Download (805kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (336kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (858kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (270kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (234kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (167kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (238kB)

Abstract

Dilatarbelakangi oleh adanya dekadensi moral atau adanya penurunan nilai-nilai akidah dan Akhlak yang akhir-akhir ini terjadi pada sebagian besar dari kalangan remaja, baik yang tinggal di daerah pedesaan maupun yang tinggal di daerah perkotaan. Banyak orang telah mengabaikan akidah, padahal masalah akidah tidak bisa dianggap remeh, tiap Muslim harus berpegang teguh kepada akidah. Sebab, akidah merupakan pondasi dan dasar dalam agama dan dasar dari segala amal yang akan dilakukan. akidah bermakna keyakinan yang kokoh akan sesuatu, tanpa ada keraguan. Dalam pembahasan yang masyhur akidah diartikan sebagai iman, kepercayaan atau keyakinan. Akidah merupakan fondasi kehidupan bagi umat muslim. Studi ini merupakan upaya yang ditempuh untuk memotivasi atau memberi daya pada keberadaan remaja serta mengoptimalkan kemampuan mereka dalam menghadapi Era Millenial, yakni dengan memberikan berbagai pembinaan dan pengetahuan tentang ajaran Islam secara benar serta berpedoman pada Al-Qur’an dan hadits. Seperti yang kita lihat sekarang ini perkembangan teknologi informasi dan komunikasi pada Saat ini bergerak sangat pesat sekali, dan telah menimbulkan beragam dampak, baik dampak positif maupun dampak negatif terhadap tata dan pola hidup masyarakat yakni khususnya remaja. Akibat adanya Era Millenial membawa pengaruh kepada seluruh aspek, baik dari segi pendidikan, ekonomi, sosial, IPTEK, bahkan moral anak remajapun mengalami perubahan. Krisis moral anak remajapun sangat memprihatinkan. Dengan demikian, dalam menghadapi pesatnya arus ini harus diimbangi dengan nilai-nilai keagamaan untuk membentengi diri para remaja, karena remaja islam saat ini adalah pemuda islam yang diharapkan dapat menjadi pelopor islam yang lebih baik untuk masa depan islam. Namun realita yang terjadi pemuda islam saat ini sangat minim yang mengetahui persoalan akidah. Kalau remaja tidak dibentengi akidahnya dan tidak dibekali pengetahuan agama Islam yang kuat mereka bisa terombang-ambing, apabila mereka diajak untuk menghadiri pengajian-pengajian yang membahas ilmu agama mereka pun malas karena menurut mereka hal itu tidak bisa menghasilkan keuntungan materi. Jadilah mereka budak-budak dunia, shalat pun mereka tinggalkan, masjid-masjid pun sepi seolah-olah kampung di mana masjid itu berada bukan kampungnya umat Islam. Alangkah memprihatinkan. Maka dari itu remaja ini harus dibekali agama yang kuat. Penelitan ini merupakan jenis penelitian lapangan (Field Reseach), sedangkan metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan mendeskripsikan fakta-fakta dilapangan seperti diperoleh dari observasi, dokumentasi, dan wawancara (interview). Dari perolehan data tersebut kemudian di analisis.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Implikasi, Akidah , Hadis , Kepada Allah dan Hari Akhir, Remaja Islam, Millenial
Subjects: 2X2 HADIS DAN ILMU TERKAIT
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Studi Islam > Ilmu Hadis > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 14 Feb 2023 04:50
Last Modified: 14 Feb 2023 04:50
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/17432

Actions (login required)

View Item View Item